|Selasa, September 26, 2017
Home » Regional » Daerah » Tingkatkan Produktivitas Petani, Wakil Bupati Nias Utara Bagi Bibit Benih Padi

Tingkatkan Produktivitas Petani, Wakil Bupati Nias Utara Bagi Bibit Benih Padi 

foto wkl bpti
Bagikan

Kabarone.com, Nias Utara- Pemerintah Kabupaten Nias Utara terus berupaya dalam meningkatkan taraf kesejahteraan petani di lingkup wilayah pemerintahan Kabupaten Nias Utara. Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani dengan cara memfasilitasi benih padi sawah yang baik untuk ditanam.

“Kita akan memfasilitasi benih- benih yang bagus untuk para petani kita dan berharap ada peningkatan produksi dan produktivitas padi sawah pada hasil panen yang akan datang dan Nias Utara bisa menjadi daerah penghasil benih padi sawah untuk kalangan sendiri tanpa didatangkan dari luar “ Ucap Haogosokhi Hulu selaku Wakil Bupati Nias Utara dan sekaligus menyerahkan secara simbolis benih kepada para petani sawah se- Nias Utara di Kecamatan Tuhemberua, Rabu (18/ 05).

Sementara dalam laporannya, Kadis Pertanian dan Kehutanan Drs. Folo`o Harefa menerangkan bahwa pembagian bibit benih sawah yang akan di bagi dan di serahkan harus melalui kelompok tani yang sudah dibentuk dan sudah terdata sebelumnya.

“Benih padi sawah yang difasilitasi pemerintah kepada petani yang diserahkan melalui Kelompok Tani di 10 Kecamatan terkecuali Kecamatan Lahewa, ada sebanyak 40.257 kg, dan yang sudah disalurkan ada 19.235 kg dan sisa benih terus disalurkan kepada Kelompok Petani,” terangnya.

Demikian juga Camat Tuhemberua Sama`aro Gea, S.Sos dalam laporannya, mengatakan bahwa kelompok Tani diwilayah Kecamatan Tuhemberua telah terbentuk, dan telah dibagi dalam beberapa kelompok Tani.

“Kelompok Tani yang sudah terbentuk di Kecamatan Tuhemberua, antara lain, 28 Kelompok Tani Padi Sawah, 35 Kelompok Tani Palawija, 5 Kelompok Tani Perkebunan dan 1 Kelompok Tani Peternakan,” ungkap Gea.

Pantauan Kabarone.com dilapangan, acara tersebut dihadiri para Staf Ahli Bupati, Kadis Pertanian dan Kehutanan Kanira, Kabag Humas, Kabag Ekbang, Camat Tuhemberua, Dan Ramil Tuhemberua, Kasubag TU Kantor Ketahanan Pangan, para Koordinator PPL dan PPL serta Kelompok Tani dan Staf Kantor Camat Tuhemberua. ( Fr. Lature )

Bagikan

Tambah Komentar