|Selasa, September 26, 2017
Home » Wisata » Komisi D DPRD DKI Dukung Kesenian Reyog Ponorogo Rutin Ditampilkan di Car Free Day

Komisi D DPRD DKI Dukung Kesenian Reyog Ponorogo Rutin Ditampilkan di Car Free Day 

20160217024644
Bagikan

Kabarone.com, Jakarta – Komunitas Reyog Ponorogo (KRP) berencana menampilkan kesenian reyog secara rutin di Car Free Day (CFD) Ibukota Jakarta yang berlangsung setiap akhir pekan. Puluhan grup reyog yang ada di Jabodetabek nantinya secara bergantian menampilkan kebolehannya dalam ajang tersebut.

“Kami akan unjuk kebolehan sekaligus memperkenalkan kesenian reyog kepada anak-anak dan masyarakat luas yang datang ke Car Free Day. Banyak pesan-pesan moral kesenian  yang perlu disampaikan,” kata Wakil Ketua KRP, S Nojeng usai bersilaturahmi dengan Ketua Komisi D DPRD DKI, Mohamad Sanusi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Menurut Nojeng, pihaknya juga berkomitmen untuk melestarikan, mengembangkan, meningkatkan kualitas seni budaya serta memasyarakatkan seni budaya Reyog Ponorogo di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Terlebih, Reyog Ponorogo telah diakui sebagai Warisan Budaya Nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 lalu, dan sedang diperjuangan untuk mendapat pengakuan UNESCO. “Rombongan KRP juga berencana memenuhi undangan tampil di Filipina dalam rangka misi kebudayaan,” tambah Nojeng.

Sementara itu, Mohamad Sanusi menilai Reyog Ponorogo adalah kesenian daerah yang sangat bagus. Sehingga sayang apabila tidak ditampilkan secara rutin, dan diperkenalkan kepada generasi muda. Selama ini, menurutnya, kesenian Reyog Ponorogo kurang mendapat penyaluran untuk tampil dan berkompetisi.

“Kesenian reyog harus sering ditampilkan, tidak sekedar latihan saja. Dengan bisa tampil setiap pekan di acara Car Free Day, mereka bisa mendapat penyaluran serta bisa memperkenalkan budaya bangsa tersebut kepada masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak,” tandas Sanusi. (Rd)

Bagikan

Tambah Komentar