Dengan Sistem E-Voting, Pemilihan Ketua Umum PERADI 2015-2020 Diharapkan Sukses dan Diikuti Seluruh Advokat

Nasional1,236 views

Kabarone.com, Jakarta – Dalam UU Advokat disebutkan bahwa organisasi profesi advokat terbentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas advokat, mengembangkan profesionalitas dan sekaligus mengawasi etika advokat Indonesia. PERADI sebagai salah satu organisasi Advokat di Indonesia bukan hanya sebagai organisasi semata, tapi juga sebagai wadah bagi orang-orang yang berilmu pengetahuan, terhormat atau nobile officium dalam menjalankan profesi, menjaga kehormatan, kejujuran, kemandirian, kerahasiaan dan keterbukaan.

Untuk itulah, dalam rangka melaksanakan pemilihan Ketua Umum PERADI 2015-2020 secara One Man One Vote, Caretaker PERADI Rekonsiliasi telah menunjuk Panitia Kerja dengan ketuanya, Junaedi Sirait, S.H., yang bertugas mempersiapkan Munaslub.

Pemilihan dengan sistem One Man One Vote tersebut dilakukan secara elektronik yang bekerja sama dengan sebuah lembaga yang independen bernama Onno Center.

Menurut Junaedi Sirait, S.H, sistem pemilihan One Man One Vote ini dilakukan agar Munaslub dapat terlaksana dengan efisien, hemat biaya dan melibatkan partisipasi penuh setiap advokat secara demokratis, khususnya anggota PERADI dalam menggunakan hak pilihnya.

“Sistem pemilihan ini sesuai dengan misi Caretaker Rekonsiliasi yakni “Dari Anggota Untuk Anggota”, ungkapnya.

Jika advokat PERADI ingin menggunakan hak pilihnya, maka ada sejumlah cara mudah yang harus dilalui. Pertama, advokat tersebut wajib mendaftarkan diri sebagai pemilih pada tanggal 24 Agustus 2015. Caranya mudah, dengan mengirimkan SMS dari ponsel masing-masing ke nomor 95899 dengan format: PERADI (spasi) YA#Nomor Induk Advokat#Nama Advokat#Nomor Ponsel. Contohnya, PERADI (spasi) YA#21.23456#Binsar#DPC PERADI SEMARANG#0811134555.

Bagi yang berada di Wilayah Indonesia Barat (WIB), pendaftaran sebagai pemilih ini bisa dilakukan pada pukul 09.00-17.00 WIB. Sedangkan untuk di Wilayah Indonesia Tengah (WITA) bisa dilakukan pada pukul 08.00-16.00 WITA dan di Wilayah Indonesia Timur (WIT) dilakukan pada pukul 07.00-15.00 WIT. Bagi pengirim SMS pendaftaran, akan menerima jawaban login dari nomor call center Caretaker PERADI Rekonsiliasi. Ji

Jika SMS pendaftaran belum selesai, maka sistem E-Voting secara otomatis akan memberi jawaban agar dapat mengulangi SMS sesuai yang diminta.

Pokja Caretaker PERADI Rekonsiliasi telah mengirimkan Surat nomor: 01/POKJA NASIONAL PERADI REKONSILIASI/VIII/2015 pada 4 Agustus 2015 kepada para bakal calon Ketua Umum PERADI 2015-2020 dalam Munas II PERADI di Makassar. Para bakal calon tersebut adalah DR. Luhut M.P. Pangaribuan, S.H., LLM; Humprey Djemat, SH., MH; Hasanudin Nasution SH; DR. Juniver Girsang, SH., MH; Fauzi Yusuf Hasibuan, SH., MH dan James Purba, SH., MH.

“Surat tersebut meminta para bakal calon untuk mendaftarkan kembali diri mereka guna mengikuti pemilihan Ketua Umum PERADI 2015-2020 dalam Munaslub PERADI Rekonsiliasi. Selanjutnya, calon definitif akan diumumkan pada tanggal 26 Agustus 2015 melalui website PERADI Rekonsiliasi (www.peradi-ctrekonsiliasi.org),” jelasnya.

Sedangkan pemungutan suara secara elektronik untuk memilih Ketua Umum PERADI periode 2015-2020 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2015. Sama halnya dengan pendaftaran, waktu pemungutan akan berbeda di tiap wilayah. Wilayah Indonesia Barat (WIB) dilakukan pada pukul 09.00-17.00 WIB, Wilayah Indonesia Tengah (WITA) dilakukan pada pukul 08.00-16.00 WITA dan di Wilayah Indonesia Timur (WIT) dilakukan pada pukul 07.00-15.00 WIT.

Bagi pemilih yang telah terdaftar, akan memperoleh SMS yang berisi nomor urut para calon Ketua definitif. Lalu, pemilih wajib mengirimkan SMS ke nomor 95899 (melalui nomor ponsel yang terdaftar) dengan format: PERADI (spasi) Nomor Urut Calon Ketua Umum yang dipilih. Contoh PERADI (spasi) 1.

Pengumuman hasil pemungutan suara akan dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2015 melalui website PERADI Caretaker Rekonsiliasi (www.peradi-ctrekonsiliasi.org)

“Untuk itu, kami mengharapkan teman-teman advokat dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak dalam Munaslub Caretaker Rekonsiliasi PERADI agar Munaslub ini dapat terlaksana secara demokratis dan memperoleh hasil yang terbaik, serta menjadikan organisasi advokat sebagai rumah bagi seluruh advokat di Indonesia,” tutur Leonard P. Simorangkir,SH.

Lanjunya, kami sangat mengharapkan kepada seluruh advokat Peradi dimanapun berada agar dapat bersatu dan mensukseskan pelaksaan Munaslub Peradi Rekonsiliasi dalam rangka pemilihan Calon Ketua Umum Peradi priode 2015-2020.

“Proses pemilihan e-voting ini adalah momentum bagi reformasi organisasi Advokat agar semua advokat dapat berkontribusi dalam proses pemilihan Calon ketua umum secara demokaratik dan selanjutnya membuka ruang bagi anggota Peradi untuk berperan aktif dalam rangka menjaga marwah etika dan Profesi advokat dalam rangka menegak hukum dan keadilan,” pungkasnya. (Sena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *