Categories: Daerah

Wabup Lepas 70 Jemaah Calon Haji Konawe

Kabarone.com, Konawe –  Setelah 6 tahun menghuni daftar tunggu, sebanyak 70 orang jemaah calon haji asal Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara akhirnya  dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Konawe, Parinringi, SE, M.Si, Rabu ( 9/9/2015 ).

Rombongan jemaah calon haji asal Konawe ini bergabung dengan rombongan calon jemaah haji asal Kota Kendari dan Kabupaten Wakatobi di kloter 19. Rombongan jemaah calon haji ini bertolak dari Unaaha menuju Bandara Haluoleo Kendari sekitar pukul 13:00 Wita dibawa pengawalan Sat Lantas Polres Konawe. Sebelum bertolak menuju Mekkah pada hari Kamis ini, Jemaah calon haji tersebut ( calhaj ) menginap semalam di asrama haji Makassar.

Wakil Bupati Konawe, Parinringi, dalam sambutannya berharap agar  para calon haji ini diberikan kesehatan oleh Allah SWT mulai dari berangkat ke tanah suci Mekkah hingga kembali nanti ke tanah air dengan membawa predikat haji mabrur. Untuk itu, dirinya menghimbau seluruh jemaah calon  haji tersebut agar mempersiapkan fisik dan mental yang baik dalam menjalankan rukun Islam yang kelima itu nantinya.

Ia juga berpesan kepada seluruh jemaah calon haji agar memperkuat persaudaraan dan memperkokoh persatuan serta menaati segala aturan dan jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Parinringi mengatakan bahwa jemaah calon haji Indonesia sebanyak 168.000 orang nantinya akan berbaur dengan jutaan calon haji dari berbagai negara.Kita menjalankan ibadah secara bersama, waktu yang sama serta di tempat – tempat tertentu yang sama pula.

” Kita harus betul – betul menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi tersebut,” katanya.

Lebih lanjut kata dia, perjalanan yang akan ditempuh para calon haji ini bukanlah perjalanan yang biasa, sehingga sangat diperlukan persiapan sebaik mungkin agar semua rangkaian haji bisa terlaksana dengan baik.

“ Oleh karena itu diperlukan pula srategi pengelolaan waktu dan kegiatan, agar energi dan stamina tidak terporsir sebelum waktunya. Karena kondisi tersebut dapat mengakibatkan kondisi kesehatan dan mental calon haji menurun, terlebih pada saat pelaksanaan kegiatan ibadah puncak,” jelasnya.

Sementara Kementrian Agama Kabupaten Konawe melalui KTU Kemenag, Muh.Lalang Jaya, S.Pd, M.Si dalam sambutannya menekankan kepada para jemaah calon haji yang telah tergabung dalam rombongan khususnya regu agar senantiasa menjaga kekompakan.Karena menurutnya, apa yang telah menjadi kebiasaan di tanah air tentu arah dan suasananya jauh berbeda dengan apa yang di Arab Saudi.

Dari 70 orang tamu Allah itu didominasi oleh warga Kecamatan Unaaha dengan jumlah jemaah 28 orang, Kecamatan Lambuya,15 orang , Wawotobi dan Konawe, 9 orang.Selebihnya, 6 orang dari Kecamatan Wonggeduku , 5 orang dari Uepai, 3 orang Bondoala serta Kecamatan Abuki, Tongauna,Besulutu dan Pondidaha masing-masing 1 orang.

Sementara jemaah calon haji yang tertua atas nama Andi Halijah binti Andi Saribanong ( 84 ) asal Kecamatan Unaaha dan yang termuada atas nama Indah Dewi binti Arianto ( 23 ) asal Kecamatan Uepai. Bersama rombongan tersebut, Kementrian Agama ( Kemenag ) Kabupaten Konawe juga memberangkatkan satu orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) untuk mendampingi para calon jemaah haji Konawe.

Acara pelepasan jemaah tersebut dihadiri oleh Kapolres Konawe, AKBP  DR.Barito, Kesra, Kepala BKD Konawe, H.Bastaman serta segenap pejabat struktural Kantor Departemen Agama Kabupaten Konawe.( Suk )

redaksi

Share
Published by
redaksi
Tags: headline

Recent Posts

Doli M Tanjung Jabat Kapolres Kotabaru, Tri Suhartanto Jabat Kapolres Cimahi

KOTABARU,kabarOne.com-Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, S.H. M.H pimpin upacara serah terima jabatan AKBP Doli M…

4 hours ago

Ketua Makamah Agung Lantik Enam Orang Ketua Pengadilan Tinggi

Jakarta ,Kabarone : Ketua Mahkamah Agung mengambil sumpah jabatan dan melantik enam orang Ketua Pengadilan…

8 hours ago

Proyek Saluran Cempaka Putih Layak “Dibongkar Ulang” Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

Jakarta,Kabar One.com - Pekerjaan Nomalisasi Saluran Jl. Cempaka Putih Barat XIX dan Cempaka Putih Barat…

1 day ago

Belum Sepekan Menjabat, Nama Kajari Lamongan Rizal Edison Dicatut OTK untuk Penipuan

LAMONGAN,Kabar One.com- Belum genap sepekan menjabat, namanya sudah dicatut orang tak dikenal (OTK) untuk melakukan…

1 day ago

Ahmad Lutfi Pamit di HUT Bhayangkara ke – 78, Tekankan Pengabdian Polri Kepada Jateng

SEMARANG,kabarone.com- Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan pamit dalam perayaan HUT Bhayangkara…

1 day ago

Respon H. Isam, Jhonlin Group Salurkan 1 Miliar Untuk Korban Kebakaran Melalui Andi Rudi Latif

TANAH BUMBU,kabarOne.com- Kebakaran hebat yang terjadi di permukiman padat penduduk di RT 19 Gang Mawar…

2 days ago