by

Kodim 0501/JP Bersihkan Kali Ciliwung

Kabarone.com, Jakarta – Dalam rangka menciptakan budaya hidup bersih, personel Kodim 0501/JP-BS Jakarta Pusat pimpinan Kepala staf kodim Letkol Arh Rahmat Santoso melaksanakan kerja bakti ciliwung bersih di sepanjang kali Kanal Barat Menteng Trenggulun Kec.Menteng, Selasa (13/10/2015).

Dan Unit Kodim 0501JP Kapten Tatang S mengatakan, Program ini merupakan program rutin Kodim 0501/JP dalam mengajak masyarakat sekitar untuk memelihara kebersihan sungai ciliwung.

“Bila kita melihat ke sekitar sungai tampak di kiri kanan sungai tumbuh pohonan Trembesi yang rindang dan membuat sekitarnya teguh dan sejuk. Pepohonan ini tidak jadi dengan sendirinya ada. Tapi ini berkat kepedulian dan program kerja Kodam jaya dan Kodim Jakarta Pusat  5 tahun yang lalu,” papar Tatang.

Dimana Babinsa bersama warga masyarakat beramai ramai menanam pohon trembesi di pinggiran sungai, jalan, lahan tanah kosong, taman, perkantoran dan lainnya.

“Pada saat awal penanaman di musim kemarau sebagai tanggung jawab Babinsa untuk menyiram pohon yang di tanam setiap pagi dan sore. Hasil kerja keras tersebut  manfaatnya sekarang dapat dirasakan oleh warga Jakarta di mana pohon bisa untuk tempat berteduh, mencegah erosi, netralisir polusi kendaraan, juga sebagai resapan air,” tukasnya.

Di balik itu, menurut Kapten Tatang, sangat disayangkan karena masih ada tangan-tangan jahil yang memangkas bahkan menebang pohon Trembesi yang sudah tumbuh bagus.

Pengawas penanaman pohon Trembesi  sendiri kala itu Brigjen Tni Doni Monardo yang saat itu menjabat sebagai Wakil Komandan Paspampres. Dimana beliau meniru taman-taman kota yg ada di negara maju salah satunya negara Singapura.

“Untuk itu, mari kita pelihara dan jaga pohon yang ada demi keindahan, kenyamanan dan kesehatan warga Jakarta semua,” pungkas Kapten Tatang S.  (As/Dn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *