Pemkab Lamongan Tengah Persiapkan Pilkades Masal 55 Desa Pada 2016

Politik2,414 views

Kabarone.com, Lamongan – Pemkab Lamongan sudah berancang-ancang untuk menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara masal di 55 desa pada tahun 2016 nanti. Dan saat ini Bagian Pemerintahan Desa Setdakab Lamongan sudah menuntaskan penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) terkait al tersebut.

“Perbup terkait Pilkades masal sudah rampung disusun. Saat ini tinggal menunggu pengesahannya saja,” ungkap Kabag Pemerintahan Desa Jarwito melalui Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo, Rabu (21/10).

Usai pengesahan Perbup tersebut, sambung dia, selanjutnya akan bisa disusun tahapan Pilkades Masal. “Saat ini belum bisa disusun tahapan Pilkades Masal, termasuk Hari H pelaksanaannya, menunggu pengesahan Perbup,” urai dia.

“Sambil menunggu rampungnya pengesahan Perbup, saat ini sudah diinventarisir desa yang Kadesnya sudah habis masa jabatannya di tahun 2015 dan 2016. Untuk Kades yang habis masa jabatannya di 2015, sudah disiapkan Penjabat (Pj) Kades yang berasal dari Sekdes, Kepala Urusan, maupun Kepala Seksi di pemerintahan desa setempat,” jelasnya.

Dari hasil inventarisir tersebut, Kabupaten Lamongan akan melakukan Pilkades serentak pada tahun 2016 mendatang di 55 desa. Ada sebanyak 28 desa yang Kadesnya habis masa jabatannya pada tahun 2016 mendatang, seperti Desa Pringgoboyo Kecamatan Maduran, Desa Bakalan Pule Kecamatan Tikung, Desa Karangtawar Kecamatan Laren, dan Desa Wonorejo Kecamatan Glagah. (ipl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *