Limbah Pabrik Dikeluhkan Warga

Daerah, Regional1,313 views

Kabarone.com, Lamongan – Warga  Desa Gendong Kecamatan Babat,  mengeluhkan lingkungan pemukimannya tercemar limbah pabrik. Kendati keluhan warga telah dilaporkan ke Pihak terkait, tapi belum direspons.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Non Government Organisation Jaring Pelaksana Antisipasi Keamanan (NGO JALAK) Amin Santoso. “Pencemaran di lingkungan pabrik telah dilaporkan. Tapi kenyataannya, keluhan warga masih belum ditanggapi serius oleh pihak terkait. Bahkan pabrik tersebut  pernah didemo warga yang kena dampak. Dengan bukti surat yang di layangkan ke kepala Desa Gedong Kec.Babat tertanggal 11 September 2014. Tuntutan warga: 1.suara bising dari  mesin produksi dari  jam 07.00 s/d 16.00 WIB yang mengganggu warga di lokasi terdekat. 2.Bau menyengat saat musim hujan tiba. 3.Asap kimia yang mengganggu pernafasan. 4.Debu yang sangat halus berterbangan. ” kata  Amin Santoso, Selasa (17/11).

Warga tidak hanya mengeluhkan aliran sungai yang kini tercemar hingga berubah kelam, namun bau tidak sedap juga dirasakan warga sekitar dari limbah pengolahan perabot rumah tangga.

Ketika di konfirmasi ke pemilik perusahan alat rumah tangga tersebut, Tulus mengatakan, “awal izinnya memproduksi batangan aluminium saat di kelola bapak saya. Setelah saya yang mengelolah dan saya kembangkan dengan memproduksi alat-alat  rumah tangga(wajan) dan dipasok ke daerah Sidoarjo dan sekitarnya dan izinya sampai sekarang belum saya lakukan upaya perubahan,” Ujarnya (pul. Muk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *