Pemkab Bulungan Komitmen Pemberangkatan Umat Beragama Ke Tanah Suci Masing-masing Akan Tetap Dilaksanakan

Daerah, Regional1,010 views

Kabarone.com, Bulungan – Kebijakan memberangkatkan umat beragama di Kabupaten Bulungan ke tanah suci masing-masing agama berlaku sejak 5 tahun terakhir. Namun tahun depan, APBD Kabupaten Bulungan diperkirakan akan menurun drastis dari Rp 2,1 triliun pada tahun ini menjadi Rp 1,2 triliun pada 2016.

Namun demikian, Asisten III Bidang Administrasi, Drs Kornelis Elbaar, M.Si menegaskan tahun depan akan tetap memperjuangkan kebijakan memberangkatkan umat beragama ke tanah suci masing-masing tersebut.

“Kita akan tetap memperjuangkan kebijakan memberangkatkan melalui dana hibah di Bagian Kesra ini tetap dapat berlangsung tahun 2016,” tegasnya saat melepas peserta ziarah umat Katolik ke Yerusalem di Keuskupan Tanjung Selor, Jl Jelarai, Selasa (17/11).

Sebanyak 32 umat Katolik di Bulungan tahun ini diberangkatkan Pemkab Bulungan ke Yerusalem untuk beribadah di tempat-tempat suci bagi umat Kristiani. Mereka akan berada di Yerusalem hingga 29 November mendatang. Kebijakan serupa sebelumnya juga berlaku bagi umat beragama lainnya di Bulungan.

“Saya juga menyampaikan pesan dari Pj Bupati Bulungan, agar peserta tetap kompak dalam rombongan, menjaga stamina dan kesehatan. Stamina dan kesehatan serta makanan harus dijaga, sebab di luar negeri itu makanan mayoritas daging,” ucapnya.

Ia pun menceritakan bahwa pada pengalaman keberangkatan sebelumnya, ada anggota rombongan yang sempat “hilang” alias tertinggal di perjalanan. Ada pula anggota rombongan yang sakit kolestorel sesampainya di tanah suci sehingga harus menghabiskan waktu di rumah sakit dan tidak bisa mengikuti agenda ziarah.

Dalam kesempatan itu, Asisten III pun menitip doa kepada peserta ziarah agar Pemkab Bulungan dapat melaksanakan pemerintahan serta pembangunan dengan baik, serta dapat melaksanakan Pilkada Serentak pada bulan Desember mendatang dalam suasana yang kondusif, aman, jujur dan bermartabat.

Ketua Pengurus Ziarah Katolik Bulungan, Chaterina Sienna dalam kesempatan yang sama menambahkan, para peserta yang diberangkatkan merupakan hasil seleksi dari masing-masing paroki di Bulungan.

“Kita berharap melalui kegiatan ini peserta dapat bertambah imannya, dapat semakin meningkatkan hubungan baik antar masyarakat umat beragama lain di Bulungan,” tandasnya.

Ia pun menyampaikan harapan umat Katolik di Bulungan agar kebijakan pembinaan dan peningkatan iman dan takwa oleh Pemkab Bulungan ini dapat terus dilakukan di tahun mendatang, karena tidak semua umat beragama memiliki kesempatan maupun daya untuk berangkat ke tanah suci masing-masing. (Mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *