by

Logistik Pilkada Serentak Bulungan Mulai Didistribusikan

-Politik-987 views

Kabarone.com, Bulungan – Logistik dan kelengkapan administrasi pelaksanaan Pilkada Serentak mulai didistribusikan di 10 kecamatan se-Kabupaten Bulungan pada Senin (07/12). Pendistribusian dikawal langsung personel TNI / POLRI, Kejaksaan dan Kesbangpol Bulungan. Logistik pun telah sampai ke kecamatan-kecamatan terjauh, yaitu Peso, Peso Hilir, Sekatak, Tanjung Palas Timur hingga Bunyu.

Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Bulungan, Arbain SE, M.Sc dalam laporannya menerangkan, terdapat 12 jenis barang logistik di luar kotak suara dan 6 jenis barang di dalam kotak suara yang dibagikan ke tiap TPS. Kabupaten Bulungan tercatat memiliki 284 TPS.

“Pendistribusian untuk jalur laut dan sungai menggunakan speedboat atau long boat sementara untuk jalur darat menggunakan truk,” terangnya. Terdapat 5 kecamatan di Bulungan yang ditempuh melalui jalur laut dan sungai yaitu Kecamatan Bunyu, Tanjung Palas Tengah, Tanjung Palas Barat, Peso Hilir dan Peso. Pendistribusian pada 5 kecamatan lainnya, yaitu di Tanjung Palas Timur, Sekatak, Tanjung Palas Utara, Tanjung Palas dan Tanjung Selor menempuh jalur darat.

Dijelaskan, barang logistik yang termasuk kategori di luar kotak suara terdiri antara lain kotak suara dan bilik suara berjenis aluminium, daftar pasangan calon berupa poster, salinan DPT, tanda pengenal petugas pemungutan suara, gembok beserta anak kunci, stiker kotak suara, naskah sumpah janji KPPS, buku panduan KPPS, surat edaran KPU Bulungan, formulir model C-7 hingga alat kelengkapan seperti lem perekat, spidol besar dan kecil serta ballpoint.

“Tiap TPS masing-masing mendapat 2 buah kotak suara dan 4 buah bilik suara,” imbuhnya. Untuk diketahui, Kabupaten Bulungan melaksanakan 2 pemilihan kepala daerah yaitu pemilihan Gubernur Provinsi Kalimantan Utara serta pemilihan Bupati Bulungan periode 2015 – 2020. Ditambahkan, untuk jenis barang logistik di dalam kotak suara yang turut didistribusikan ke TPS-TPS terdiri surat suara yang termasuk cadangan 2,5 persen dan template bertulis huruf braile bagi pemilih tuna netra, tinta sidik jari, segel pilkada, formulir seri C, sampul dan amplop serta alat kelengkapan berupa kantung plastik besar dan kecil , karet gelang, alas dan alat coblos serta tali pengikat alat coblos.

“Logistik Pilkada didistribusikan mulai dari kecamatan terjauh, seperti ke Peso, Bunyu, Sekatak dan Tanjung Palas Timur,” sahutnya. Pada Kecamatan Peso yang termasuk kecamatan paling pedalaman di Bulungan misalnya, logistik mulai didistribusikan sejak Senin pagi menggunakan speedboat dan tiba sekitar pukul 15.48 Wita. Kecamatan Peso terdiri 10 desa yang dibagi dalam 18 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 2.805 pemilih, terdiri 1.589 pemilih laki-laki dan 1.216 pemilih perempuan. (Mudi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *