Dana Desa Kabupaten Lamongan Tahun 2016 Capai Rp 285M

Daerah, Regional1,616 views

Kabarone.com, Lamongan – Kepala Bappemas Lamongan, Nalikan menyebutkan bahwa dana desa di Kabupaten Lamongan tiap tahun semakin meningkat. Menurutnya, pada tahun 2015 dana desa mencapai Rp. 127 Milyar dan tahun 2016 ini mencapai Rp. 285 Milyar. Sedangkan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2015 mencapai Rp. 121 Milyar, Dana untuk pembangunan pasar desa tahun 2015 mencapai Rp. 7,2 Milyar, dan Bantuan Keuangan mencapai Rp. 40,5 Milyar.

Hal itu diungkapkan Nalikan dalam acara Penganugerahan Bagi Pelaku Pemberdayaan Masyarakat (Kudamas Award) Tahun 2015 yang bertempat di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan.

Dalam kesempatan yang sama, Pj. Bupati Wahid Wahyudi yang juga datang menghadiri acara tersebut mengucapkan selamat kepada para pemenang dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Bappemas ini. Beliau menjelaskan bahwa Pemerintah adalah motor penggerak pemberdayaan masyarakat.

“Pemerintah adalah motor penggerak pemberdayaan masyarakat yang menentukan kemajuan daerahnya. Jika itu desa maka motor penggeraknya yakni Kepala Desa, jika kecamatan maka motor penggeraknya adalah Camat. Saya berharap tiap kepala desa dapat berkomunikasi yang baik dengan masyarakatnya”, ucap Wahid Wahyudi.

Selain itu menurutnya, kepala desa juga dituntut mengetahui potensi dan permasalahan yang ada di wilayahnya sehingga tahu bagaimana cara memberdayakan masyarakatnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam acara Kudamas Award ini, diberikan penghargaan pada 8 kategori yakni kategori kegiatan dana desa terbaik yakni Desa Kedungmegari Kecamatan Kembangbahu, kategori UPK terbaik yakni UPK Kecamatan Karanggeneng, kategori kegiatan bantuan keuangan kepada pemerintah desa terbaik yakni Desa Dagan Kecamatan Solokuro, kategori kegiatan alokasi dana desa terbaik oleh Desa Rejosari Kecamatan Deket, kategori kegiatan pasar esa terbaik yakni Pasar Desa Sendangrejo Kecamatan Ngimbang, kategori kegiatan UPKU terbaik yakni UPKU Sentosa Desa Waruk Kecamatan Karangbinangun, kategori UP2K terbaik yakniTP. PKK Kelurahan Sidokumpul Kecamatan Lamongan dan kategori LPM terbaik oleh LPM Desa Babatkumpul Kecamatan Pucuk.

Tiap-tiap pemenang sampai dengan juara III mendapatkan piagam dan bantuan (uang pembinaan / semen / laptop). (*/Ipl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *