Puskesmas di Konawe Minim Sarana dan Prasarana

Daerah, Regional1,237 views

Kabarone.com, Konawe –  Komisi III DPRD Konawe yang dipimpin langsung ketua Komisi III, Al Ma’ruf, Selasa ( 16/2/2016 ) melaksanakan rapat kerja di dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Rapat kerja ini dihadiri oleh Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, H.Muh.Aris, SKM,M.Si bersama seluruh Kepala Puskesmas se – Kabupaten Konawe.

Dalam rapat kerja tersebut, para Kapus mengeluhkan minimnya sarana dan prasarana penunjang di puskesmas sementara mereka dituntut bekerja selama 24 jam.

“Kami masih kekurangan gudang obat, laboratorium, mobil jenasah, genset, serta penunjang lainnya dalam hal menjalankan tugas di puskesmas. Kami juga puskesmas butuh dana insentif bagi tenaga medis ,” kata Husen, Kapus Onembute.

Hal tersebut diamini semua kapus yang hadir dalam rapat kerja tersebut. Dalam rapat tersebut para Kepala Puskesmas untuk anggaran 2016 ini apa yang mereka minta itu dapat direalisasikan.

Terkait hal itu, kepala dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, H.Muh.Aris berjanji akan memenuhi tuntutan para Kapus sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada.

“Untuk tahun ini kami akan berikan genset bagi puskesmas yang tahun 2015 belum menerima,” katanya pada saat rapat tersebut.

Namun kata dia, untuk tahun anggaran 2016 ini dinas Kesehatan Kabupaten Konawe hanya menyiapkan 4 unit genset.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Konawe, Al Ma’ruf, saat ditemui usai rapat kerja mengatakan bahwa tujuan rapat kerja tersebut untuk  memastikan anggaran dinas kesehatan yang kurang lebih 43 Milyar itu harus benar – benar diaplikasikan di lapangan karena menyangkut pelayanan.

” Jadi kami tidak ingin dinas kesehatan main – main, artinya apa yang kita telah sepakati di APBD 2016 benar – benar dialokasikan sesuai dengan program yang mereka sampaikan pada saat konsultasi di Komisi,” tegasnya.( SK )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *