Sebanyak 33 Balita Kena Razia PIN UPT Puskesmas Talun

Lifestyle2,122 views

Kabarone.com, Cirebon – Dalam rangka mensukseskan pencanangan Pekan Imunisasi Nasiona (PIN) secara serempak di lakukan di Indonesia, UPT Puskesmas Talun Kabupaten Cirebon melakukan razia anak Balita (dibawah umur lima tahun) di Jl.Cendana Raya Perumnas Bumi Arumsari Desa Cirebon Girang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, Kamis (10/03).

Diwilayah kerjai UPT Puskesmas Talun Kabupaten Cirebon   ada  63 Posyandu. “Semua Posyandu secara serempak melakukan pelaksanaan PIN 2016 ini, ” kata UPT Puskesmas Talun Kabupaten Cirebon, drg Evi Nilawati disela-sela razia Balita kepada media ini Kamis.

Mengingat aktivitas kesibukan masyarakat tidak sama, maka pihaknya inisiatip jemput bola, melakukan razia Balita di jalan raya agar Balita dapat diimunisasi ketika akan dibawa kerja orang tuanya, jelas dr.Evi Nilawati didampingi Bidan setempat, Fenty Agustine.

Razia dilakukan bersamaan aktivitas masyarakat akan berangkat kerja. “Alhamdulillah sejak pagi sampai pukul 08.00 WIB berhasil melakukan imunisasi  sebanyak 33 Balita. Kegiatan ini itung-itung menambah satu Pos PIN, jadi jumlah 64 Posyandu” ungkapnya.

Masyarakat yang menaiki kendaraan bermotor yang terlihat membawa Balita diminta diberhenti sebentar. Setelah ditanya indentitasnya mereka mau anaknya di imunisasi di jalan. Bahkan ada pula orang tua yang sengaja mendatangi Pos PIN di jalan untuk melaksanakan imunisasi buah hatinya, terangnya.

Menurutnya, imunisasi merupakan upaya pencegahan yang sangat efektif melawan virus & bakteri yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti polio, difteri dan lainnya. “Jangan sampai masyarakat terserang penyakit tersebut, untuk itu dicegah sedini mungkin, ” tandasnya.

Dijelaskan, pencegahan penyakit dengan imunisasi dengan harapan tidak ada lagi anak-anak yang cacat & Kabupaten Cirebon bebas polio. Oleh sebab itu mengajak seluruh masyarakat untuk membawa buah hatinya ke Posyandu atau ke Puskesmas untuk diberikan vaksin polio secara gratis. (Mulbae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *