Gebyar Lomba Budaya Minat Baca Tingkat SD, SMP, SMA/SMK Di Kabupaten Nias Utara Tahun 2016 Terlaksana

Daerah, Regional971 views

 

Kabarone.com, Nias Utara – Dalam rangka menunjang pendidikan anak yang harus didasarkan dengan semangat belajar, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara melalui Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi mengadakan Gebyar Lomba Budaya Minat Baca Tingkat Sekolah Dasar, SMP, SMA/K se-Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Nias Utara.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Nias Utara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Fatizaro Hulu, SE,MM (Juri), Kepala SKPD, Kakan Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi, Ketua DWP Nias Utara Dra. Nursayani Maru’ao, M.Pd (Juri), Korwas Dinas Pendidikan Ya’aro Harefa, S.Pd (Juri), Guru-guru serta Siswa-Siswi SD/SMP/SMA/K se-kabupaten Nias Utara, Jumat  ( 24/06 ).

Kakan Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi/ Kharisma Zega selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa berdasarkan Undang-Undang nomor 43 Tahun 2007 pasal 1 adalah lembaga Pemerintah non-departemen yang melaksanakan tugas pemeintah dalam bidang Perpustakaan. Juga melaporkan bahwa amanah Undang-Undang telah dilaksanakan oleh Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi melalui layanan perpustakaan. Disamping itu pada tahun 2016 jumlah pengunjung yang menikmati layanan Perpustakaan Nias Utara semakin meningkat layanan perpustakaan yaitu ± 1.900 pengunjung sejak Januari-Juni 2016.

Undang-Undang ini menjadi dasar perencanaan dan pelaksanaan program kegiatan tahunan yaitu kegiatan Lomba Gebyar Budaya Minat Baca Tahun 2016.   Dan Surat Bupati Nias utara nomor: 814.2/102/Perpus/2016 tanggal 06 Juni 2016 tentang himbauan mengikuti lomba dan petunjuk teknis pelaksanaan lomba, yang dikirim kepada satuan pendidikan di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Nias Utara. Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Nias Utara merancang dan melaksanakan program Gebyar Lomba Budaya Minat Baca selama satu hari dan yang mengikuti kegiatan lomba Gebyar Budaya Minat Baca tahun ini yang sudah mendaftar tingkat Sekolah Dasar ada 21 Sekolah, SMP 15 sekolah, SMA 7 Sekolah dan SMK 7 Sekolah.

Wakil Ketua DPRD Nias Utara Fatizaro Hulu, SE.,MM sangat menyambut baik kegiatan Gebyar Lomba Budaya Minat Baca Tahun 2016 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan mengatakan bahwa DPRD Kabupaten Nias Utara mendukung kegiatan ini guna membangun Sumber Daya Manusia yang handal sehingga menghasilkan generasi penerus yang berkualitas, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat sekitarnya “ Ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, A.Md pada arahannya menyampaikan kegiatan  Lomba Gebyar Budaya Minat Baca merupakan salah satu wadah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu perlu diperhatikan pembinaan dan pengembangannya secara serius sehingga kegiatan ini semakin berkualitas dan berdampak bagi masyarakat dalam menumbuhkan minat baca “ Terangnya.

Lanjutnya, Bupati Nias Utara berterima kasih kepada Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi yang telah mengambil bagian untuk melaksanakan Gebyar Lomba Budaya Minat Baca yang dilaksanakan pada hari ini yang cerdas dan gemar membaca, agar dapat menghasilkan bibit-bibit tunas sumber daya manuasia yang handal, berkualitas dan berprestasi. dan mengucapkan selamat bertanding kepada peserta lomba, semoga sukses dan berprestasi “ Ungkapnya.

Selanjutnya, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara Kornelius Zalukhu mewakili Bupati Nias Utara menyerahkan piagam penghargaan kepada kejuaraan Lomba Gebyar Budaya Minat Baca Kabupaten Nias Utara pada penutupan kegiatan lomba.

Hasil Lomba Gebyar Budaya Minat Baca untuk tingkat SD,SMP dan SMA/K se-Kabupaten Nias Utara tahun 2016 adalah sebagai berikut:

“Kejuaraan untuk tingkat Sekolah Dasar Juara I Putri Jan Friska Zega dari SDN 071021 Hilimaziaya Kecamatan Lotu, Juara II Juni Ana Gea dari SDN 076682 Hilimbowo Kecamatan Tuhemberua dan Juara III Alvince Stevani Lase dari SDN 071141 Tefao Kecamatan Lahewa Timur.

Kejuaraan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama Juara I Ferdinaria Sianipar dari SMPN 1 Lahewa, Juara II Indri Yarnila Nazara dari SMPS BNKP Luzamanu Kecamatan Lotu dan Juara III Indrian Pintacahyani Zega dari SMPN 1 Tuhemberua Kecamatan Tuhemberua.

Kejuaraan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan Juara I Julvan Dian Irawan Hulu dari SMAN 1 Alasa kecamatan Alasa, Juara II Eunike Vera Wati Sianipar dari SMAS Cahaya Lahewa dan Juara III Wasta Elfiat Zega dari SMAS Permata Kasih Kecamatan Sitolu Ori. ( S. H )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *