Anggaran Menurun, Akan Ada Penyesuaian Pemberian Beasiswa

Daerah, Regional723 views

Kabarone.com, Bulungan – Jumlah bantuan pendidikan untuk mahasiswa yang dianggarkan dari APBD Kabupaten Bulungan menurun drastis. Jika tahun 2015 lalu dianggarkan Rp 11,5 miliar, maka tahun 2016 ini bantuan pendidikan hanya ada sebanyak Rp 3 miliar saja.

Menurut kata Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bulungan AR Rasyid, dari jumlah tersebut, sebanyak Rp 600 juta tidak bisa diganggu gugat.

“Anggaran tersebut akan diperuntukkan bagi 23 mahasiswa asal Bulungan yang kini menempuh pendidikan di negara Tiongkok. Sangat menurun,” katanya.

Imbasnya akan ada penyesuaian dan agar bantuan pendidikan ini bisa tetap signifikan dirasakan, jumlah mahasiswa penerima diupayakan tidak jauh menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Maka otomatis, besaran yang akan diterima setiap penerima bantuanlah yang akan berkurang. Sebelumnya, tiap penerima mendapat bantuan pendidikan terendah Rp 4 juta dan tertinggi Rp 25 juta per tahunnya. Untuk tahun 2015 lalu, dari 2.000 lebih proposal yang masuk, hanya sebanyak 1.800-an saja yang dinyatakan layak menerima,” paparnya.

“Kita lihat dulu berapa proposal masuk yang memenuhi syarat, nanti kita sesuaikan besarannya,” imbuhnya.

Agar tidak ada penerima ganda, pihaknya masih menunggu proses beasiswa di Dewan Pendidikan Kaltara rampung. Dan jika memang sudah terdaftar sebagai penerima di Dewan Pendidikan Kaltara, secara otomatis akan gugur sebagai penerima di Dewan Pendidikan Kabupaten Bulungan. Namun terkait hal ini, dia mengaku sangat menyayangkan minimnya kordinasi dari Dewan Pendidikan Kaltara. (Mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *