by

IPDA Sugito, Kanit Bimas Polsek Metro Kemayoran : “Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat”

-Hankam-1,380 views

 

Kabarone.com, Jakarta – Peran dan fungsi unit Bina Masyarakat (Bimas) Kepolisian Republik Indonesia dalam memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif bagi masyarakat di suatu daerah, khususnya di wilayah hukum Polsek Metro Kemayoran, Kota Administrasi Jakarta Pusat, sangatlah penting.

Hal ini dikarenakan tugas pokoknya yang antara lain memberikan pelayanan keamanan  bagi warga masyarakat, termasuk dengan program sambangnya kepada minimal 5 orang setiap hari (door to door) diantaranya, para tokoh masyarakat, agama, pemuda, ibu-ibu, unsur terkait, bahkan anak-anak.

Upaya optimalisasi pelayanan terus digenjot oleh jajaran Bimas Polsek Metro Kemayoran dibawah binaan IPDA Sugito, selaku Kepala Unit (Kanit) Bimas, dibantu 8 anggotanya. “Ada 8 anggota Bimaspol di seluruh Kecamatan Kemayoran yang menyebar di 8 Kelurahan. Upaya antisipasi terhadap tindak kejahatan, saya lakukan melalui ploting personil Bimaspol yang dibantu 3 anggota Cepu. Termasuk upaya merangkul seluruh unsur dalam masyarakat secara persuasif kekeluargaan.

Hal ini penting dilakukan, dalam tugas kepolisiannya membantu warga dalam pengurusan surat-menyurat yang berhubungan dengan Kepolisian, termasuk antisipasi cepat atas indikasi terjadinya tindakan kriminal seperti curanmor, keributan antar warga, pelajar, termasuk lalu-lintas,” ungkap IPDA Sugito, sosok pria ramah, tegas dan cerdas ini.

Tak heran, wilayah Kemayoran yang dulu tingkat kejahatannya cukup tinggi, saat ini jauh berkurang. Masyarakatpun merasa aman, nyaman dan terlindungi, sehingga mereka dapat melakukan aktifitas kesehariannya dengan rasa tenang dan aman bersama keluarga.

“Kami beserta jajaran atas ijin Bapak Kapolsek Metro Kemayoran, selalu melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan seluruh unsur masyarakat, termasuk Citra Bhayangkara, Siskomas, FKPM, dan lainnya, untuk bekerjasama menciptakan wilayah yang aman dan kondusif.  Kami jalin tali silahturahmi melalui komunikasi yang elegan, tidak dengan cara keras,” jelas IPDA Sugito, yang telah lama meniti karir di dunia Kepolisian ini.

Iapun menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kemayoran khususnya para pemudanya, agar tidak melawan hukum, seperti melakuan trek-trekan motor, minum minuman keras, terlibat narkoba, atau melakukan tindakan yang dapat mengganggu lingkungan. Termasuk jauhi pemakaian perhiasan yang berlebihan, menggunakan HP sambil mengendarai motor yang dapat merugikan diri sendiri, pungkasnya.                         (DENY)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *