Wakil Bupati Nias Terkesan Lindungi Yuniman Zebua, Tersangka Dugaan Pemalsuan Data

Daerah, Regional2,834 views
Kabarone.com, Nias Induk – Selain Pengacara Dan Adik Kandung Tersangka Yuniman Zebua sebagai penjamin atas kasus yang menjerat Kaban Litbang Nias pada surat jual beli tanah yang diduga palsu, Arosokhi Waruwu SH, MH yang juga selaku Wakil Bupati Nias membenarkan bahwa dirinya juga ikut memberikan jaminan dengan dalil bahwa yang bersangkutan tengah melakukan tugas penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah dan PAPBD Tahun 2016. Hal ini disampaikannya lewat Kabag Humas dan Keprotokalan Setda Kabupaten Nias, Jum’at ( 09/09 ).

” Jadi saya sudah jumpa dengan pak Wakil Bupati dan dianya membenarkan bahwa dirinya telah memberikan surat ke pada Kejaksaan Negeri Gunungsitoli untuk yang bersangkutan dimintakan supaya Yuniman Zebua Alias Ama Karnova Zebua di berikan penangguhan. Ini mengingat yang bersangkutan tengah melaksanakan tugas pada penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah dan PAPBD Tahun 2016,” ujar Raradodo Waruwu, SH menirukan, di ruang kerjanya di Jl. Pelud Binaka KM 9 Desa Ononamolo 1 Lot, Kecamatan Gunungsitoli Selatan. Waruwu juga menyampaikan minta maaf kepada Reporter Kabarone atas ketidaksediaan Wakil Bupati untuk di wawancara.

” Bapak Arosokhi Waruwu masih sibuk dan tidak punya waktu untuk wawancara saat ini, beliau masih sibuk, ” pungkasnya sambil menutup pemebicaraan.

Menyikapi hal ini Ketua LSM NCW ( Nias Coruption Watch ) Kabupaten Nias, Faogomano Harefa saat dimintai tanggapan nya meminta supaya hukum itu di berlakukan Adil tanpa pandang bulu.

” Kalau memang itu alasan Kejaksaan Negeri Gunungsitoli memberikan penangguhan penahanan ( Tahanan Kota )kepada Oknum tersangka Yuniman Zebua atas dasar surat yang dilayangkan Arosokhi Waruwu sebagai penjamin, sah- sah saja. Mengingat Yuniman Zebua ikut terlibat dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah Daerah dan pembahasan PAPBD Kabupaten Nias Tahun 2016 sesuai dengan yang di utarakan oleh pak Wakil Bupati. ” Papar Faogomano Harefa di ruang kerjanya di JL. Yos sudarso No. 66 Kota Gunungsitoli, Jum’at ( 09/09).

Lebih lanjut dijelaskannya,  bahwa atas permintaan Wakil Bupati tersebut maka tidak ada alasan kedepannya untuk yang bersangkutan ditahan dan mempertanggung jawabkan perbuatannya.

” Untuk itu kita minta supaya setelah selesai pekerjaan yang sudah di pangkukan ke Yuniman Zebua atas keikutsertaan dirinya pada pembahasan PAPBD 2016 maka wajib dilakukan penahanan ke pada yang bersangkutan, tidak ada alasan lagi bagi dia untuk tidak mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tahan dan Penjarakan ” sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara ini,” tegas Harefa. ( Fr. Lature )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *