Bupati Bulungan Sebut Revitalisasi BUMD Perlu Dilakukan

Kabarone.com, Bulungan – Menyikapi kecenderungan menurunnya pendapatan daerah baik yang bersumber dari dana transfer maupun pendapata asli daerah (PAD), Bupati Bulungan H Sudjati, SH menyatakan upaya revitalisasi terhadap BUMD mutlak untuk segera dilakukan. Hal itu disampaikan Bupati saat memberikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Bulungan, Kamis.

“Pada dasarnya, pembentukan perusahaan daerah berorientasi pada profit. Selain melakukan langkah-langkah peningkatan pada kemampuan manajemen maupun kelembagaan termasuk mengevaluasi perusahaan daerah yang dipandang belum berjalan sesuai harapan,” terang Sudjati.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi di Bulungan pun menjadi pandangan umum fraksi DPRD Bulungan. Sudjati menjelaskan, data statistik laju pertumbuhan ekonomi dalam 5 tahun cenderung menurun. Pada tahun 2012 silam, sebesar 7,92 persen menjadi 1,14 persen di tahun 2015. Penurunan terjadi disebabkan kontribusi sektor pertambangan dan penggalian yang menurun tajam. Dari 41,94 persen di tahun 2012 menjadi 31,45 persen di tahun lalu.

Menyusul di sektor pertanian yang memberikan kontribusi sebesar 16,30 persen menjadi 16,84 persen di tahun lalu. “Jika dilihat dari tenaga kerja tahun lalu yang bekerja di sektor pertambangan dan penggalian mencapai 4 persen. Sedangkan sektor pertanian menyerap tenaga kerja sebesar 46 persen,” jelasnya. (Mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *