Pemkab Bulungan Optimis Program Food Estate Akan Sukses Mendatang

Kabarone.com, Bulungan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan mengaku terus menggenjot progres program Food Estate di atas lahan sekitar 50 ribu hektare yang telah dicanangkan.

Bupati Bulungan, Sudjati pun menegaskan, bahwa pihaknya masih optimis dengan program tersebut, dan diyakini bisa sukses di masa mendatang. Menurutnya, program yang dicanangkan pada 50 hektare lahan di beberapa kecamatan tersebut terus dievaluasi melalui dinas teknis.

“Kita masih optimis bisa dilanjutkan, meskipun memang beberapa perusahaan yang pertama turut bergabung sudah ada yang melepaskan diri dari itu. Tak masalah, kita akan upayakan,” ujarnya.

Program Food Estate Bulungan sudah dimulai sejak tahun 2011 tersebut, tak dipungkiri masih banyak menyimpan kendala. Meski demikian, Pemkab akan terus berupaya, karena program ini merupakan program andalan Bulungan hingga lima tahun ke depan. Sesuai dengan visi dan misi kepala daerah yakni menjadikan Bulungan sebagai pusat pangan berbasis industri.

“Nah, untuk beberapa perusahaan yang masih bertahan kita akan akomodir, dan kemudian yang sudah tidak lagi maka kami juga masih membuka kesempatan bagi pihak swasta yang akan bergabung. Segera lakukan evaluasi untuk pengembangan dan progres pembangunan di bidang ini,” tegasnya.

Di sisi lain menurutnya karena ini juga merupakan program nasional, maka sudah semestinya pemerintah pusat turut andil dalam pemenuhan infrastruktur yang menjadi keluhan investor selama ini.

Diketahui hingga tahun 2016, ada sekitar 6 perusahaan yang masuk mendaftar untuk mengelola lahan food estate.Dari enam perusahaan, hanya satu perusahaan yang masih bertahan dan terus melakukan aktivitas, yakni PT. Nusa Agro Mandiri yang telah mengantongi izin produksi dengan total luasan lahan 1.980 Ha. Sementara itu, PT Agro Mandiri Sumber Kencana, PT. Sanjiang Sri, PT Sinergi Natural Resource, PT.Subur Cahaya Abadi, dan PT Agro Bumi Mandiri, kini tidak meneruskan operasinya sampai pada tahap produksi. (Mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *