Jaksa Agung Akan Tindak Tegas Jajarannya Yang Melanggar Aturan Hukum

Hukum654 views

Kabarone.com, Jakarta  Jaksa Agung H.M. Prasetyo mengatakan, akan menindak tegas jajarannya yang melanggar aturan hukum. Hal tersebut disampaikan Jaksa Agung dalam pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Intelijen dan Bidang Tindak Pidana Khusus di Jakarta, Rabu (22/3).

“Saya akan membela anggota saya yang benar. Tapi yang salah ya salah, Kejaksaan tidak akan menutup-nutupi apalagi melindungi,” ungkapnya tegas.

Sejalan dengan amanat Jaksa Agung, saat ini Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan tengah melakukan pemeriksaan internal terhadap Farizal, jaksa penuntut umum perkara gula impor tanpa Standar Nasional Indonesia (SNI) di Sumatera Barat dengan terdakwa Xaveriandy Sutanto. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga Farizal menerima suap Rp 365 juta dari Xaveriandy untuk memperingan sanksi.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, M. Rum mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, Farizal diduga menerima Rp. 60 juta. Uang itu diterima secara bertahap sebanyak empat kali. Sebagai jaksa penuntut umum di kasus Xaveriandy, Farizal juga diketahui tidak pernah mengikuti sidang. Ia justru membantu Xaveriandy membuat eksepsi atau pembelaan perkaranya.

“Kami juga memeriksa atasan serta tim jaksa yang menangani perkara ini,” kata Rum.

Sebelumnya, Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) R. Widyopramono mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPK sehubungan dugaan suap yang diterima Farizal.

“Kejaksaan menghormati proses hukum yang berjalan, sejauh mana KPK menindaklanjutinya. Ini tercantum dalam MoU antarpenegak hukum,” ujar Jamwas, di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta.Demikian Puspenkum Kejagung. (Sena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *