Warga Bojonegoro Banjiri Acara Festival Bengawan solo

Wisata874 views

Kabarone.com, Bojonegoro – Ribuan warga baik berasal dari Bojonegoro mau pun dari luar Bojonegoro membanjiri area Festival Perahu Bengawan di Bendung Gerak Desa Ringin Rejo, Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (25/9/2016). Acara dimulai dengan sesi Larung Sesaji oleh sesepuh adat.

Menurut Suyanto Kepala Bidang Pengembangan Obyek wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, dengan diadakan semacam larung sesaji ini, diharapkan Acara Festival Bengawan Tahun 2016 ini dapat berjalan dengan lancar, tanpa ada halangan mau pun rintangan.

Dalam larung sesaji ini, bahan yang dilarung meliputi Kepala Kambing, rempah-rempah hasil bumi dan juga nasi kabuli yang dibungkus dalam ngaron atau warga Bojonegoro menyebutnya ember yang terbuat dari tanah liat. Dengan dibacakan doa oleh sesepuh adat kemudian Larung sesaji  ditenggelamkan di tengah Bengawan Solo.

Dalam acara festival Bengawan tahun 2016 ini, peserta yang mengikuti semakin banyak yakni ada sekitar 40 Peserta. Dalam acara kali ini Dibuka langsung oleh Bupati Bojonegoro Suyoto.

Dalam sambutanya Bupati mengatakan, “dengan adanya Festival Bengawan 2016 ini diharapkan agar supaya Bojonegoro lebih dikenal oleh warga luar Bojonegoro bahkan dunia.”

“Dan untuk itu festival Bengawan ini lebih ditingkatkan lagi kedepan biar menjadi ikon Bojonegoro,” pungkas Suyoto. ( Dan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *