10 Kecamatan di Bojonegoro Berpotensi Terjadi Tanah Longsor

Daerah, Regional717 views

Kabarone.com, Bojonegoro – Sebagian Daerah Pinggiran Dikecematan Bojonegoro adalah kawasan Hutan dan Pengunungan. Namun sayang saat ini banyak kawasan hutan yang gundul dikarenakan ulah manusia itu sendiri.

Berdasarkan data PVMBG (Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) 10 kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Bojonegoro berpotensi terjadi longsor, antara lain Kecamatan Temayang, Ngambon, Sugihwaras, Tambakrejo, Margomulyo, Bubulan, Purwosari dan Malo. Sedang dua kecamatan berada di Bojonegoro barat (Kasiman) dan utara kota (Trucuk). Kecamatan tersebut mayoritas berada di wilayah selatan yang berpotensi longsor menengah dan tinggi.

Menurut Kepala BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo ini adalah sebuah early warning, tanda-tanda potensi longsor diantaranya adanya sumur-sumur penduduk yang biasanya masih terdapat air tiba-tiba air aumur tersebut kering. Selain itu bangunan tinggi, pohon besar serta bangunan tegakan (tiang listrik, tower) mendadak terlihat miring.

“Faktor lainnya kejadian alam yang bisa dijadikan patokan potensi longsor adalah keruhnya mata air yang biasanya jernih. Apalagi jika ada sungai yang biasanya mengalir deras tiba-tiba alirannya mengecil atau bahkan berhenti, itu adalah tanda berpotensi terjadinya longsor serta memungkinkan sewaktu-waktu terguyur hujan bisa terjadi banjir bandang,” jelasnya. (DAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *