Upacara Pada Peringatan Hari Kesaktian PANCASILA” Mengenang 7 Jenderal yang gugur.

Hankam922 views

Kabar One.com, Lamongan – Pada hari sabtu pukul 07.00 WIB bertempat di lapangan Makodim 0812 Lamongan melaksanakan kegiatan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, dalam rangka mengenang 7 Jenderal yang Gugur. Kegiatan Peringatan hari Kesaktian Pancasila tersebut diikuti sekitar 125 orang peserta upacara baik prajurit Perwira, Bintara, Tamtama, Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang diklaksanakan setiap tanggal 1 Oktober tersebut, kali ini dipimpin langsung oleh Kasdim 0812 Lamongan Mayor Inf Wiyono, Sabtu (01/10).

Upacara yang dilaksanakan sebagai wujud untuk mengenang kembali adanya tragedi Nasional yang dinamakan dengan sebutan Gerakan Tiga puluh September (G 30 S/PKI) pada tahun 1965 yang telah memakan korban gugurnya beberapa Jenderal TNI-AD dan seorang Pama TNI-AD akibat dari kekejaman dan tindakan yang di lakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Selain itu, peringatan tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada para “Pahlawan Kusuma Bangsa” yang telah gugur dalam menegakkan dan mempertahankan kedaulatan NKRI dari segala bentuk rongrongan serta penindasan para penjajah dan pemberontak yang menginginkan Indonesia hancur dan diisi oleh kehendak mereka yang salah satunya adalah menetapkan ideologi komunis di bumi Ibu Pertiwi (Indonesia).

Dengan gagalnya usaha kaum komunis yang juga disebut Gestok (Gerakan Satu Oktober) mereka tidak berhasil menanamkan ideologi komunisnya di Indonesia, maka tercetuslah kesepakatan Nasional bahwa pada tanggal 1 Oktober dikukuhkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila, yang setiap tahunnya wajib diperingati oleh seluruh Rakyat Indonesia.

Peringatan hari Kesaktian Pancasila kali ini dilaksanakan secara sederhana tertib dan hikmad. Dalam upacara tersebut tidak ada sambutan maupun amanat dari inspektur upacara. Kegiatan diawali dengan kebesaran buka, pembacaan teks Pancasila, dan diakhiri tanda kebesaran tutup.

Walaupun dalam pelaksanaannya sangat sederhana dan berlangsung singkat, akan tetapi seluruh prajurit dan PNS yang mengikuti upacara peringatan kesaktian pancasila di makodim 0812 Lamongan berjalan penuh haru dan khidmat dalam mengenang jasa – jasa para Pahlawan Revolusi yg gugur dalam mempertahankan kedaulatan NKRI yang menjadikan PANCASILA Sakti (Kesaktian PANCASILA),(ful).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *