Categories: LipsusWawancara

Camat Idanoi : Tidak Ada Intervensi Camat Pada Pelaksanaan Pilkades Idanotae

KabarOne.com, Gunungsitoli- Terkait atas tudingan ketua panitia pelaksanaan Pilkades Desa Idanotae kepada Camat Gunungsitoli Idanoi atas dugaan intervensi camat pada penetapan dan pembatalan perpanjangan Calon Kepala Desa di Desa Idanotae beberapa waktu lalu,  Camat gunungsitoli Idanoi Emanuel Zebua, S.Sos menyatakan bahwa tidak ada intervensi seperti yang dituduhkan ke dirinya. Hal tersebut diungkapkannya kepada KabarOne diruang kerjanya di Jl. Turenda, Desa Dahana, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Juma’at (14/10)
” Surat tertanggal 23/9 perihal pembatalan  pengumuman perpanjangan calon Kepala Desa Idanotae, pada dasarnya tidak ada intervensi dari Kantor Camat Gunungsitoli Idanoi, namun sebagai landasan kita bahwasanya keluarnya surat tersebut atas dasar surat Walikota Gunungsitoli Nomor : 141/6654/BPM, PP, KB dan pemdes (14/9) perihal pelaksanaan pilkades dan hasil pertemuan tentang Evaluasi pelaksanaan Pilkades se- Kota Gunungsitoli bulan September yang lalu, ” Ujar Krisman Zebua Menjelaskan.
Zebua juga memaparkan bahwa atas dasar surat walikota tersebut Tim panitia pilkades kecamatan di berikan penegasan untuk membatalkan perpanjangan.
” Hal ini sudah kami laporkan secara resmi kepada Walikota Gunungsitoli cq. BPM dan kami melihat panitia Pilkades Idanotae tidak melaksanakan surat Walikota Gunungsitoli tersebut. Maka berdasarkan hal ini dan juga di kaitkan dengan hasil rapat Pilkades (22/9) dan saat itu tim Pilkades Kota mengharapkan kepada Camat untuk segera menyampaikan surat penegasan kepada panitia Pilkades untuk membatalkan perpanjangan dan yang memenuhi syarat sebetulnya untuk di tetapkan sebagai Bakal Calon hanya dua orang yakni ; Joni Herman Hura dan Meiman Syukur Hura. ” Jelasnya.
Namun terkait atas surat perihal laporan hasil pelaksanaan dan penetapan calon (02/10) yang telah di tetapkan oleh Panitia berjumlah 3 orang calon. sesuai dengan surat panitia Pilkades Idanotae Nomor : 016/Pan.Pilkades/ID/2016 Camat Gunungsitoli Idanoi telah menindaklanjutinya.
”  Sesuai dengan surat dari masyarakat Desa Idanotae bahwasanya Panitia telah menetapkan 3 orang calon (Meiman Syukur Hura, One Darman Hura, Joni Herman Hura) dan mengingat hal ini telah dikerjakan Panitia maka berkas tersebut sudah kami teruskan ke BPM, PP, KB dan Pemdes Kota Gunungsitoli untuk di proses lebih lanjut. ” Ujar Krisman.
Lebih lanjut dijelaskan nya, bahwa atas permasalahan Pilkades di Desa Idanotae, Tim Pilkades Kecamatan telah memohon solusi kepada Tim Pilkades Kota Untuk Penanganan lebih lanjut.
” Tentunya kami sebagai tim Pilkades Kecamatan kami sudah berusaha, namun dalam hal ini karna tidak dapat terselesaikan maka untuk itu pengambilan solusi lebih lanjut oleh BPM, PP, KB, Pemdes atau dalam hal ini Tim Pilkades tingkat Kota. ” Imbuhnya sembari menutup pembicaraan. (Fr. Lature)
redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Bapaslon Rusli- Syairi Rapatkan Barisan, Kunjungi Tim Dozer, PAN dan PDI-P

KOTABARU,kabarOne.cpm- BaPaslon Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru H. Muhammad Rusli- Syairi Mukhlis mulai merapatkan barisan…

32 mins ago

Waduk Rawa Sekaran Banyak Di Alih fungsikan, Warga Kesusahan Air

By :Amin Santoso Ketua umum Forum Kajian Informasi Strategis ( FORKAIS) Lamongan,Kabar One.com-warga Desa Sekitar…

5 hours ago

PLN IP UBP Semarang Bersinergi IZI Jateng Dalam Program Pelayanan Masyarakat di Karimunjawa

JEPARA, kabarone.com- PT PLN Indonesia Power (IP) UBP Semarang bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia…

6 hours ago

Gedung Baru KPU Kotabaru Diresmikan, KPU Mampu Maksimalkan Kinerja

KOTABARU,kabarOne.com- Gedung Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru diresmikan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, S.H…

9 hours ago

Putusan Pengadilan Cederai Rasa Keadilan Mantan Direktur PT.Blue Bird Dihukum Denda Pembayaran Beranak Cucu

Jakarta ,Kabarone.com,-Psikolog dr Mintarsih Abdul Latief, bagaikan menelan pil pahit, lantaran dihukum membayar denda, agar…

10 hours ago

Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru, Kasatreskrim Terima Piagam Apresiasi

KOTABARU,kabarOne.com- Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan berikan piagam apresiasi kepada Tim Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru bertempat…

10 hours ago