Walikota Yeongwol Korea Selatan Berkunjung di Konawe Utara Sultra

Kabarone.com, Konawe Utara – Kunjungan Walikota Yeongwol Korea Selatan di Kabupaten Konawe Utara, Kamis (20/16) disambut ribuan warga Konawe Utara yang dilaksanakan di Desa Puuhialu‎ Kecamatan Ohe, Kabupaten Konawe Utara.Kehadiran Park Sun Kyu Walikota Yeongwol di kabupaten Konawe Utara ini sebagai bentuk kerjasama kedua daerah dalam bentuk balasan atas kunjungan Bupati Konawe Utara dua bulan sebelumnya dengan harapan bisa terjalin kerjasam yang lebih baik lagi.  Universitas Lakidende yang merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Tenggara ini menjadi penghubung antara dua daerah ini.

Saat memberikan sambutannya Walikota Yeongwol, Park Sun Kyu mengatakan,” ‎pada awalnya saat ucapkan banyak terima kasih atas diberikannya peluang kepada kami untuk pertemuan ini, saya kaget dengan kedatangan saya disini karena penduduk daerah sini begitu dekat dan akrab memberikan sambutan, kata Park Sun Kyu.

Lanjut dia, didaerah sini banyak lahan yang berpotensi untuk pengembangan lahan persawahan dan jika dikelola dengan profesional maka akan sangat memberikan kemajuan bagi daerah ini, begitu pula dengan adanya para pemimpin daerah ini, Bupati, Ketua DPRD dan semuanya bisa kerjasama maka daerah ini akan lebih baik jika semuanya bekerja sama dengan baik. Kami berbangga dengan Bapak Bupati Konawe Utara, H.Ruksamin yang mana telah mengunjungi kami di Korea Selatan dan jika mau kerjasama dengan baik maka kedua daerah akan menjadi daerah yang sama-sama berkembang nantinya. Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih atas sambutannya dan saya berdoa untuk semua masyarakat daerah ini untuk senantiasa sehat dan kemajuan daerah ini, pungkas Park Sun Kyu.

Setelah sambutan Walikota Yeongwol, dilanjutkan dengan sambutan dan persentase Konawe Utara oleh Bupati Konawe Utara, H.Ruksamin.
Dalam sambutan Bupati Konawe Utara H.Ruksamin yang diterjemahkan dengan Bahasa Korea oleh penerjemah dari Korea Selatan mengatakan, tadi dalam sambutannya Walikota Yeongwol yang maksudnya, Saya Bisa, Kamu Bisa, Kita Bisa dalam bahasa Inggerisnya I Can, You Can, We Can, sambil mengajak semua hadirin untuk mengulangi ucapan tersebut dalam bahasa Inggeris, karena dalam sambutan Walikota Yeongwol Korea Selatan, Jelas H.Ruksamin.

Kedatangan Walikota Yeongwol di Konawe Utara ini adalah energi yang luar biasa bagi pembangunan di Konawe Utara. Kabupaten Konawe Utara dibentuk melalui UU Nomor ‎13 Tahun 2007 saat ini Kabupaten Konawe Utara baru berumur sembilan tahun sehingga Kabupaten Konawe Utara masih membutuhkan bantuan untuk pembangunan di berbagai sektor terutama infrastruktur, pertanian , tehknologi dan modal, ungkap Ruksamin.
Ruksamin dalam sambutannya itu juga menyampaikan presentase dan wilayah tersebut, menurutnya, luas wilayah Konawe Utara adalah lima ratus ribu tiga ratus tiga puluh sembilan hektare,  13 Kecamatan dan 157 Desa, dengan jumlah jiwa 58.401 Jiwa, rasio elektrifikasi 74,97 dan persanitasi 85 persen dan rumah tangga air bersih 87,92 persen.

Kondisi Makro Ekonomi pertumbuhan ekonomi kita lihat pada tahun 2014, 2015 sampai 2016 adalah, pertumbuhan ekonomi pada tahun 2014 berada pada 3,15 persen dan Alhamdulillah sekarang sudah berada pada 6,95 persen, inflasi tahun lalu mampu kita tekan dan sekarang ini naik sedikit dari 5,97 menjadi 6,96 persen. Tingkat kemiskinan Alhamdulillah ditahun 2014 berada di 10,15 persen sekarang mampu kita tekan menjadi 7,57 persen, tingkat pengangguran terbuka 2,03 persen sekarang menjadi 5,87 persen dimana pada tahun 2015 sempat naik mencapai 5,96 persen sehingga indeks pembangunan manusia saat ini naik 66,03 persen ditahun 2014 sekarang berada pada 67,68 persen ditahun 2016, terang Ruksamin.

Kondisi jalan infrastruktur, pertaniannya hampir mencapai 60 persen. Kondisi jalan, ada jalan Kabupaten, jalan Ibukota hampir 700 Km, untuk potensi wilayah khusus untuka pertanian dan tanaman pangan padi baru mampu memproduksi 16.523 Ton kali luas areal 2.826 Ha, sedangkan produksi perhektarenya baru mencapai 3,86 ton perhektar sangat rendah.

Ruksamin dalam sambutannya itu mengajak kepada pemerintah Korea Selatan melalui Walikota Yeongwol untuk dilakukan kerjasama sehingga kedepan hasil pertanian dari Konawe Utara bisa ke Korea Selatan, harapnya. Semoga apa yang dilihat dan dirasakan oleh Walikota Yeongwol Korea Selatan di Konawe Utara dapat menjadikan daerah ini semakin maju dan bisa ada jalinan kerjasama yang lebih erat dan lebih maju, pungkas Ruksamin.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata oleh Bupati Konut kepada Walikota Yeongwol dan dilanjutkan dengan penyerahan bibit unggul kepada 7 desa perwakilan secara simbolis. Dilanjutkan dengan peninjauan Telaga tiga warna yaitu  telaga Biru, Merah dan  warna keputihan, yang berada di Areal Desa Puhialu, dilanjutkan ke taman wisata air panas Wawolesea dan Tanjung Taipa.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat provinsi sultra diantaranya, ketua DPRD Sultra, Abd.Rahman Saleh, Dan Dim 1417/KDI, Ketua DPRD Konut Jefri Frananda, Pa.Bung Rem 143/HO, Rektor Unilaki, Dan Ramil Lasolo Kapten Inf.Jafruddin, Dan Ramil Asera Mayor Inf.Hadi. S, Kapolsek Asera AKP Basir, serta para kepala SKPD Konut.Walikota Yoengwol bersama rombongannya sebanyak 11 orang selanjutnya makan siang dan terkahir menuju ke lokasi untuk melihat Telaga Biru dan pelepasan ribuan benih ikan di empang dan melakukan stempel kaki di peletakan batu pertama pembangunan Agro Wisata tersebut Gren Home. Setelah makan siang rombongan Walikota Yeongwol Korea Selatan menuju ke Wawolesea dan Tanjung Taipa lanjut ke Kota Kendari. (K7).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *