Gelar Aksi Damai, IDI Bojonegoro Tuntut Reformasi Sistem Kesehatan dan Pendidikan Kedokteran

Daerah, Regional602 views

Kabarone.com, Bojonegoro – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun IDI Ke -66, Puluhan Dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bojonegoro menggelar Aksi Damai di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) Bojonegoro, Senin (24/10). Tidak hanya di Bojonegoro, aksi damai ini juga serentak seluruh Indonesia, seperti di Jakarta yang digelar di depan Istana Negara.

“Intinya kami menyuarakan Reformasi Sistem Kesehatan, Reformasi Pendidikan Kedokteran yang Pro Rakyat,” ungkap Kordinator Aksi IDI Cabang Bojonegoro Dr. Hernowo.

Dalam aksi tersebut, massa menuntut agar Pemerintah menghadirkan Pelayanan Kesehatan yang bermutu dan Pro Rakyat. Massa aksi juga menuntut agar dilakukan Reformasi Sistem Pendidikan Kedokteraan.  Selain itu massa aksi juga mengkritisi Pendirian Fakultas Kedokteran yang berdiri tanpa mengikuti ketentuan yang berlaku, biaya pendidikan kedokteran yang tidak terjangkau oleh rakyat menengah kebawah, dukungan tenaga pengajar dan sarana prasarana pendidikan yang berstandar serta kebijakan program Pendidikan DLP (Dokter layanan Primer) yang dipaksakan berjalan tanpa kajian mendalam akan menimbulkan polemik serta pemborosan biaya.

“Kami minta pemerintah melakukan Reformasi Sistem Kesehatan Nasional. Kami juga ingin mengkritisi Program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional ) yang dijalankan BPJS, perlu adanya perbaikan dalam bidang Kebijakan, Pembiayaan dan Pengawasan. Selain itu sarana prasarana kesehatan yang masih minim dan dukungan biaya kesehatan dibawah standar. Pemerintah juga harus menurunkan beban pajak alat kesehatan yang tinggi,” ungkap Dr. Hernowo dalam orasinya. (DAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *