Categories: Hankam

Koramil 0812/25 Sarirejo Gropyok Tikus Bersama Masyarakat

Kabarone.com, Lamongan – Makodim 0812 Lamongan Menjelang musim tanam, mulai pukul 07.00 wib anggota Koramil 0812/25 Sarirejo bersama Muspika kec Sarirejo, petani dan PPL melaksanakan pemberantasan dengan cara gropyokan, atau berburu tikus di lubang menggunakan obat merek petrokum dengan cara di masukan obat di campur dengan dedak di Dusun karangaji Desa Dermolemabang kec. Sarirejo Kab. Lamongan. Kamis (3/11)

Dusun karangaji Desa Dermolemabang kec. Sarirejo dan sekitarnya berbondong-bondong menuju lahan persawahan. Mereka datang dengan membawa peralatan berburu tikus seperti Obat Petrokum, alat jos pembakar belerang, pentungan, arit dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan ini turut hadir Muspika Kec Sarirejo, Petugas PPL, Gapoktan Tani Desa Dermolemabang dan para penggiat pertanian lainnya. Kegiatan ini dinilai efektif memberantas tikus yang menyerang sawah petani.

Petani di Desa Dermolemabang  hampir putus asa mengatasi serangan hama tikus yang menyerang areal persawahannya. Berbagai cara sudah dilakukan baik menggunakan jebakan tikus namun populasi tikus terus meningkat. Dibantu anggota TNI, puluhan petani ini terpaksa menggunakan obat merek petrokum di campur dengan dedak di masukan dalam lubang  tikus aksi gropyokan tikus ini terbukti efektif membunuh tikus yang bersembunyi di dalam lubang.

Danramil 25/Sarirejo Kapten Inf Sudjono yang ikut dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa gerakan pemberantasan hama tikus atau gropyok tikus yang dilaksanakan adalah sebuah usaha awal yang berkesinambungan, artinya dilaksanakan secara terus menerus. Sebab hama tikus tidak bisa dibasmi secara tuntas dalam satu hari.ungkapnya

Tujuan dari semua ini adalah agar para petani memperoleh hasil panen yang melimpah. Namun demikian perlu diingat bahwa hasil panen yang melimpah sangat ditentukan oleh banyak faktor, antara lain; bibit padi yang unggul, pola tanam tepat waktu, pengairan yang memadai, ketersediaan pupuk yang cukup, serta ketersediaan obat hama yang cukup, begitu penyampaian Danramil 25/Sarirejo.

Dari aksi gropyokan tikus Koramil bersama warga mendapat ratusan ekor tikus, yang berhasil ditangkap dan dimusnahkan. Dengan musnahnya hama tikus ini diharapkan hasil panen padi akan melimpah dan semakin meningkatkan taraf hidup petani, sekaligus bisa menjadi penyokong lumbung pangan nasional, sesuai dengan program Swasembada Pangan.(pendim0812)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

8 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

9 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

9 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

11 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

17 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

17 hours ago