DPP Pusat APTI Buktikan Ucapanya, PT Alkarim Sudah Dilaporkan ke Crisdis Cenyre BNP2TKI

Daerah, Regional983 views
Kabarone.com, Cirebon – Terkait pernyataan Ketua Umum LSM APTI yang akan melaporkan Kacab PJTKI PT. Alkarim ke BNP2TKI kini telah dibuktikan.
“kini sudah kami buktikan, kami sudah melaporkan PT Alkarim ke BNP2TKI,” kata ketua umum lembaga swadaya masyarakat ( LSM ) Aliansi Pemantau Transparansi Indonesia ( APTI ) baru-baru ini.
Berdasarkan data yang dihimpun kabarone.com, TKI Pajriyah diproses oleh PT Alkarim yang sekarang sudah dicabut ijin rekrutnya oleh Menakertrans. Namun kini justru menyisakan pertanyaan tentang potongan gajinya yang diduga tidak sesuai karena diduga dipotong oleh pihak agency yang ada di negara penempatan yakni Singapur melebihi standar atuaran pemerintah.

Menurut Ruminah ibu kandung Pajriyah saat dikonfirmasi media menuturkan, “awalnya anak saya berangkat keluar negeri karena ingin memiliki kehidupan yang cukup layak, dan salurkan oleh salah satu sponsor lapangan  HS ke PT Alkarim yang berkantor di Jakarta,” ungkapnya.

“Namun nampak nya kurang beruntung untuk anak saya ( Pajriyah ) karena harus menerima pil pahit yang iya telan.karena bukan saja majikan nya yang kurang baik tapi Agency nya juga diduga kurang baik,” imbuhnya.

Mengenai potongan gaji itu menurutnya tidak selayaknya. “PT lain yang ada di NKRI hanya 8 bulan gaji.Tapi kenapa untuk anak saya sampai setahun potongan nya?,” ujar Ruminah bertanya tanya.

Disisi lain media ini meminta tanggapan ketua LSM APTI selaku kuasa dari keluarga Pajriyah. Saat diwawancarai,ruang crisis centre bno2tki 10-11.Pontas Lubis SH. mengatakan saya selaku penerima kuasa dari keluarga pajriyah saya sudah laporkan dengan nomor ADU/201611/004480 yang bukti laporan nya ditanda tangani Oleh Tunggul Simanjuntak pada jum’at 10-12-2016 kemarin.dan saya akan terus berusaha mengungkap permasalahan yang telah dilakukan oleh pt alkarim yang menimpa pada clien kami ini.

“Karena menurut aturan yang ada pihak PT Alkarim mestinya tetap bertanggungjawab atas masalah ini,karena menurut saya bukan saja menyalahi aturan tapi justru melanggar UU No 39 t.hun 2004.tentang penempatan dan perlindungan tenaga kerja indonesia.Untuk itu kami meminta ke crisis cetre bnp2tki untuk segera dilaksanakan mediasi dengan Saudara agus.karena yang waktu itu dia menjabat sebagai kepala cabang pt alkarim agar masalah ini cepat terselesaikan ,” ujar Lubis dengan nada serius.

Namun Agus selaku kepala cabang PT Alkarim ketika di konfirmasi tidak menjawab meski hp ny aktif. (Sukadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *