Peran Ormas Penting Dalam Mendukung Kemajuan Bangsa

Politik1,290 views

Kabarone.com, Jakarta – Fraksi Golkar MPR RI bekerjasama dengan Pengajian Al Hidayah dan Kowani melaksanakan kegiatan Seminar Kebangsaan dengan tema ORMAS DAN PELEMBAGAAN PARTSIPASI POLITIK MASYARAKAT di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Senin (21/11).

Dalam seminar yang menghadirkan pembicara yang sangat berkompeten diantaranya Drs. H. A Mujib Rohmat dan Dr. Ir. Hetifah, MPP yang merupakan politisi Fraksi Partai Golkar di DPR/MPR, La Ode Ahmad Direktur Ormas Ditjen Polpum Kemendagri, dan juga Ketum AL Hidayah Ibu Harbiah Salahuddin dan Ketum Kowani yang diwakili oleh Ibu Onny Jafar. Para ibu yang hadir dari 50 ormas perempuan tampak antusias mengikuti seminar ini.

Dalam kesempatan itu, Hetifah mengungkapkan bahwa seminar ini menjadi penting karena saat ini banyak ormas yang tumbuh pasca reformasi namum masih sedikit yang turut memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa.

“Perkembangan ini tentu dirasa sangat baik karena pemerintah membutuhkan mitra dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Namun demikian karena ormas yang pendiriannya merupakan wadah jaminan warga negara untuk berserikat dan berkumpul ini tidak boleh berdiri hanya sekedar nama dan tidak jelas visi misinya atau sekedar memenuhi kepentingan tertentu,” paparnya.

Selain itu menurutnya, ormas harus ditata secara modern, tertib administrasi, mandiri dan demokratis. Untuk itulah seminar ini diadakan dan diharapkan pengetahuan yang disampaikan oleh para pembicara dapat dihadikan rujukan untuk memperbaiki kualitas ormas.

Hal senada juga diungkapkan Ketum Al Hidayah Harbiah Salahuddin. Ia mengajak ormas yang ada untuk bersinergi dan bekerja sama saling memperkuat dan membantu agar visi misi Indonesia maju bisa tercapai melalui partisipasi aktif ormas.

“Diharapkan dari seminar ini,  peran dan fungsi ormas semakin menguat dan manfaat bagi bangsa dan negara,” pungkasnya. (As)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *