10 Tahun Mengabdi Bidan PTT Belum PNS

Kabarone.com, Buton – Meski sudah mengabdi selama 10 tahun, Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang ada di Kabupaten Buton belum juga diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh pemerintah pusat.

“Sudah hampir 10 tahun Bidan PTT ini mengabdi tapi sampai sekarang belum juga diangkat sebagai PNS oleh pemerintah,” kata Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Buton,Hj.Ece Salmiati, ketika ditemui diruang kerjanya, Rabu (23/11/2016).

Dia menyebutkan, Bidan PTT yang ada di Kabupaten Buton berjumlah sekitar 400 orang, yang terdiri dari 56 Bidan PTT pusat dan 98 Bidan PTT daerah, sementara sisanya adalah bidang tenaga honorer dan tenaga magang. Menurut Ece, salah satu akibat para Bidan PTT ini belum diangkat PNS, maka mereka (Bidan PTT) belum memiliki surat tanda register (STR), dimana STR adalah salah satu payung hukum bagi Bidan PTT. “Mereka ini belum punya STR, maka kami sampai saat ini belum bisa fasilitasi mereka,” ujarnya.

Pihaknya, tambah Ece, sementara mengumpulkan kembali data tentang Bidan PTT pusat, dengan tujuan pada Tahun 2017 nanti, gaji para Bidan PTT pusat tersebut dapat direalisasikan.Karena gaji para Bidan PTT ini berasal dari pusat.Sedangkan ,Bidan PTT daerah, maupun yang honor dan magang itu dibayarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

“Jadi istilah mereka ini kita rekrut kembali, agar gajinya tahun depan itu bisa dibayarkan, dan kontraknya mereka (Bidan PTT) ini juga belum berakhir,” tandasnya. (Ali/Andi Jumawi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *