Gubernur Sultra Pimpin Upacara HUT Ke-10 KONUT

Daerah, Regional569 views

Kabarone. com, Konawe Utara – Puncak peringatan HUT Kabupaten Konawe Utara, senin (2/1/17) dilaksanakan di lapangan Upacara Pemkab Konawe Utara dipimpin langsung oleh H.Nur Alam Gubernur Sulawesi Tenggara. Hadir dalam kegiatan tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sultra diantaranya, Ketua DPRD Provinsi Sultra, Kapolda Sultra, Dan Dim 1417/KDI, Sekda Provinsi Sultra, Ketua DPRD Konut, Kajari Unaaha, Ketua PN Unaaha, Ka.Rutan Klas II B Unaaha, Kapolres Konawe, serta sejumlah pejabat teras Provinsi Sultra dan kabupaten Konawe Utara. Sebelum puncak kegiatan perayaan HUT Konawe Utara ini diselenggarakan, ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan hingga hari ini (2/1/17) yaitu kegiatan lomba olah raga diantaranya lomba Volly Ball putera – puteri, sepak bola yang dipusatkan di kecamatan Molawe.

Sebelum upacara dilangsungkan terlebih dahulu dilakukan parade dari semua SKPD Konawe Utara, masing-masing Kecamatan dan desa/kelurahan serta pemuda dan pelajar didaerah ini, sekitar seribu lebih orang membanjiri lapangan upacara Konut meskipun terik matahari cukup menyengat namun semangat peserta upacara begitu tinggi sehingga hal ini mendapatkan apresiasi dari Gubernur Sultra atas antusias masyarakat ini.

Dalam sambutannya, Gubernur SULTRA menyampaikan, “saya ingin melibatkan saudara-saudara semua lebih aktif dan partsipatif dalam upacara kita ini, saya boleh berbicara 3 menit, 7 menit atau 11 menit  ? Saya tahu, suasana sangat panas karena cahaya matahari kita yang makin terus berjalan dan makin siang sehingga pancarannyapun juga makin menyengat tapi saya yakini dan terlihat betul bahwa semangat masyarakat kabupaten konawe Utara tiada luntur hanya karena teriknya matahari, kata Nur Alam memberikan semangat peserta upacara yang diterpa sinar matahari.

Lanjut Nur alam,  ini adalah esensi, sejarah filosofi dan ideolohis, selalu tercermin didalam jiwa masyarakat, ketika kita membangun jiwa dan raga, ketika kita membangun kemaslahatan, ketika kita membangun harkat dan martabat suatu daerah atau bangsa, itulah esensi dari apa yang menjadi semangat perjuangan para pendahulu kita yang tadi telah dibacakan didalam sejarah pembentukan Kabupaten Konawe Utara. Dari waktu kewaktu tanpa terasa sudah berjalan sepuluh tahun dan hari ini juga merupakan momentum tersendiri dari rangkaian momentum-momentum yang lain karena pada tanggal 2 Januari 2017 dirayakan HUT kabupaten Konawe Utara yang sebelumnya dilaksanakan tanggal 2 Juli hal ini menyesuaikan dalam ketentuan dan peraturan perundang-undangan Nomor 13 tahun 2007 tentang pembentukan Kabupaten Konawe Utara. Saya ingat persis dua tahun yang lalu saya ikut memimpin upacara peringatan HUT Kabupaten Konawe Utara yang ke-8 pada saat itu masih tanggal 2 Juli dan saat ini telah disesuaikan menjadi tanggal 2 Januari, ungkap Nur Alam.

Iapun memberikan apresiasi atas keberhasilan dari pemerintah Kabupaten Konawe Utara atas keberhasilan dan kesuksesan yang telah ditunjukkan atas perjalanan sejarah dan perkembangan pembangunan serta kemajuan daerah yang telah dilakukan dengan sejumlah keberhasilan yang ditunjukkan. Iapun apresiasi semangat bupati Konut yang selalu bergelora dan jiwa muda yang menurutnya figur kader Ruksamin ini layak untuk menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara kedepan nantinya.

Penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana kita ketahui sasarannya adalah untuk kesejahteraan seluruh rakyat, pemerintahan negara telah membagi-bagi kekuasaan sesuai dengan tingkatan dan wilayah yang ada diseluruh Indonesia, pemerintahan negara dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia yang kemudian secara Vertikal struktural penyelenggaraan pemerintahan dibagi dalam dua bagian yaitu pemerintahan Otonom luas di Kabupaten dan pemerintahan otonom terbatas di Provinsi. Gubernur selaku wakil pemerintah pusat didaerah terus menjalankan tugas-tugas pemerintahan secara desentralisasi menjabarkan apa yang menjadi kebijakan-kebijakan pemerintah pusat yang disampaikan kepada daerah, baik dalam tugas-tugas pembantuan maupun berbagai kewenangan-kewenangan wajib untuk pilihan yang diberikan kepada gubernur, gubernur juga diberikan tugas untuk memberikan pembinaan dan pengawasan kepada penyelenggaraan pemerintahan kabupaten kota diseluruh wilayah Provinsi demikianlah secara berjenjang, hirarki secara sederhana didalam penyelenggaraan pemerintahan kita, oleh karena itu pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dilakukan secara terintegrasi, bersinergis antara berbagai tingkatan pemerintahan tetapi semuanya sasarannya adalah untuk kesejahteraan masyarakat kita baik yang ada di kota maupun yang ada di daerah baik kelompok maupun perorangan tidak satupun yang dipilih dan dipilah sebagai warga negara berhak mendapatkan pelayanan dari pemerintah. Inilah yang terus menjadi pedoman dan komitmen kerja seluruh jajaran pemerintahan daerah baik ditingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten, kita telah di fasilitasi oleh negara untuk penggunaan anggaran negara yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Sinkronisasi pemerintahan daerah baik kabupaten maupun provinsi harus terus terjalin agar semua bisa berjalan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan daripada pemerintahan itu sendiri, jelas Gubernur Sultra dalam sambutannya.(Andi Jumawi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *