Jamaruddin Camat Langgikima: Satukan Aparat Pemerintah Jika Ingin Bangun Daerah

Lipsus, Wawancara1,275 views

Kabarone. com, Konawe Utara – Kemauan keras seorang pemimpin untuk membangun daerah haruslah berupaya mempersatukan para aparat pemerintahnya agar terjadi sinkronisasi dalam pemerintahannya. Hal inilah yang dilakukan oleh Jamaruddin Kepala Kantor Camat Langgikima Kab. Konawe Utara untuk membangun wilayahnya. Karena selama dirinya berada di daerah itu ia perhatikan aparat pemerintahan terutama antar kepala desa tak terjalin dengan baik, sehingga ketika dirinya di angkat dan dilantik sebagai Camat di Kecamatan Langgikima, ia langsung menerapkan pesan dan perintah dari Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara (Ruksamin – Raup) yaitu membangun persatuan dan kesatuan aparat pemerintah di wilayahnya untuk membangun wilayahnya.

“Perintah saya terima dari Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara untuk segera membangun wilayah ini, maka langkah utama yang harus saya lakukan adalah mengumpulkan semua pemerintah desa dan Lurah di Kecamatan Langgikima, hal ini saya lakukan untuk mempertemukan mereka semua dan membuat suatu keutuhan dan ikatan persatuan, sehingga dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya selaku kepala desa dan lurah dapat bersinergi dengan pemerintah desa yang lainnya, kata Jamaruddin.

Selain itu, manfaat dari pertemuan itu kami bisa membuat suatu gebrakan dengan menjadi juara tiga lomba paduan suara lagu Mars Konasara seKabupaten Konawe Utara, ini semua terjadi karena kekompakan dan persatuan oara pemerintah desa, jelasnya. Terkait program KONASARA untuk penanaman jagung di wilayahnya, ia berkata, selaku bawahan dari Bupati dan Wakil Bupati Konut, tentunya kami selalu mendukung program yang di tetapkan karena itu adalah kewajiban kami, akan tetapi terkait penanaman jagung di wilayah kecamatan Langgikima, kami sudah menyampaikan kepada Bapak Wakil Bupati bahwa lokasi di daerah kami ini kurang layak dan bahkan tak bisa untuk di tanami jagung karena tanahnya tak cocok untuk jagung, ungkapnya.

Lanjut dia, setlah kami sampaikan Bapak Wakil Bupati memberikan jawaban bahwa kedepan akan dipikirkan apa yang cocok untuk di Langgikima ini, jelasnya. Sehingga menurut kami, sangat baik jika kedepan di kecamatan Langgikima ini di usahakan tanaman singkong gajah karena selain tanamannya mudah juga tidak dimakan hama dan ternak. Akan tetapi perlu dilakukan kerja sama dengan investor jika ingin menanam singkong gajah skala besar, harus memiliki tempat pengolahan atau pabrik tepung tapioka, ucapnya dengan penuh harap. Sebelum menutup wawancara, ia mengharapkan agar semua warga dan pemerintah desa dan kelurahan di Langgikima ini senantiasa memperkuat persatuan dan kesatuan untuk membangun daerah agar kedepan daerah ini bisa jauh lebih maju lagi, pungkasnya. (Andi Jumawi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *