Tim Penilai Lapangam Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK ,KKBPK ,Tinjau Desa Mojodeso

Daerah, Regional527 views

Kabarone.com, Bojonegoro – Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, Rabu (1/2) pagi ini Tim Penilai Lapangan Pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan melakukan tinjauan lapangan di Desa Mojodeso Kecamatan Kapas.
Rombongan yang dipimpin oleh Umi Yuniati Dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Propinsi Jawa Timur diterima langsung Oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro,Dra.Hj Mahfudhoh Suyoto,MSi yang didampingi oleh Wakil Ketua Ny Mien Setyo Hartono dan Ny Ani Soehadi Moeljono.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro,Dra. Hj. Mahfudhoh Suyoto,MSi dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di Kabupaten Bojonegoro dalam rangka penilaian lapangan kesatuan gerak PKK KKBPK Kesehatan di Bojonegoro. Inilah kondisi desa Mojodeso Kecamatan Kapas yang dilaporkan di Propinsi beberapa waktu lalu. Masuk do Mojodeso deso roso kutho, karena kondisi lingkungan yang demikian indah dan asri.kita berbangga bahwa saat ini masuk di empat besar tingkat nasional. Meski surat baru datang tanggal 30 Januari 2017 dan tanggal 1 Februari adalah penilaian lapangan .meski hanya dalam waktu sehari persiapan maka kita bisa menyambut kedatangan rombongan tim penilai dari tingkat Propinsi Jawa Timur.lingkungaan bersih,sehat dan indah tak semata mata karena lomba namun telah menjadi bagian hidup. Demikian pula adalah semangat gotong royong warga Desa Mojodeso Kecamatan Kapas sudah menjadi sendi kehidupan.
Bojonegoro melalui gerakan Desa Sehat dan Cerdas ( GDSC ) dalam rangka mewujudkan wong jonegoro yang lebih sehat,lebih produktif,lebih cerdas dan lebih bahagia. Dalam.pembinaan harus sampai komprehensif menyentuh mewujudkan kebahagian. Pemerintah memberikan keleluasan untuk ber inovasi sesuai kemampuan desa. Untuk Mojodeso adalah mewujudkan yang memiliki lingkungan yang bersih dan sehat agar mampu menjadikan masyarakat tak saja sehat lingkungan,sehat batin dan bahagia.sehingga menjadi manusia yang produktif setelahnya akan bergerak menuju peningkatan ekonomi dan terwujudnya kebahagiaan. Mojodeso termasuk desa yang bebas ODF demikian pula AKI dan AKB Nol. Mojodeso telah berhasil meraih meraih prestasi baik ditingkat regional maupun nasional.
Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mojodeso Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro dalam paparannya menjelaskan gerakan lingkungan bersih dan sehat di Desa Mojodeso mendapatkan dukungan semua pihak kebijakan pembangunan program LBS antara lain Bank Sampah yang terbentuk di setiap Rukun Tetangga, kader jumantik di setiap RT dan kader lingkungan. Dijelaskan pengguna air bersih dari jumlah KK 676  dimana 100 persen masyarakat menggunakan air bersih. 664 rumah sehat dan 80 rumah kurang sehat.Dari 554 rumah 25 diantaramya belum bebas jentik. Seluruh KK dI desa Mojodeso sudah melakukan pemilahan sampah organik dan non organik. 1.500 lubang biopori sudah di buat di 15’RT. Tak hanya itu desa ini juga telah melaksanakan gerakan Go Green melalui pemanfaatkan pekarangan dan Kebun Sehat Bergizi Posyandu ( KSBP ). Pembuatan daur ulang sampah tak hanya mengolah sampah namun sudah memiliki nilai jual dari bahan sampah ini,beberapa produk yang dihasilkan oleh bank sampah antara lain aneka produk kerajinan tangan seperti vas bunga, tempat tisu,bunga,dompet,tas yang semuanya sudah dipasarkan.
Ditambahkab program inovasi antara lain dawis,odf, Positive Defience, kelas ibu hamil,KSBP, Kartu Posyandu Sehat dan Bank Sampah.( DAN )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *