22 Sekolah Madarasah Aliyah di Bojonegoro Melaksanakan UNBK

Daerah, Regional554 views

Kabarone.com Bojonegoro – Untuk melaksanakan Ujian Nasional ( UN ) yang akan diselenggarakan pada bulan April tahun 2017 ini tidak semua lembaga pendidikan yang berada di dalam naungan Kementerian Agama ( Kemenag ) Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan Ujian Nasional ( UN ) dengan menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ).

Di temui diruang kerja Pendidikan Madarasah ( Penma ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro H Asyik mengatakan” untuk Ujian Nasional ( UN ) tahun ini tidak semua Sekolah Madarasah Aliyah negeri maupun Madarasah Aliyah swasta yang ada di Kabupaten Bojonegoro menggunakan Sistem UNBK. Dari total 55 Sekolah Madarasah Aliyah yang mengikuti Ujian Nasional tahun ini, yang menggunakan Ujian Nasional dengan sistem UNBK ada 22 Madarasah Aliyah. Selebihnya menggunakan sistem Ujian Nasional Kertas dan Pensil ( UNKP ). Dengan total 33 Madarasah Aliyah”.

Pihak Kementerian Agama melalui Kasi Penma tidak memaksakan Madarasah Aliyah harus melaksanakan Ujian Nasional dengan menggunakan sistem UNBK mengingat biaya untuk mengadakan Server atau jaringan internet untuk komputer cukup mahal tetapi bila pihak Lembaga Pendidikan Madarasah mau mengadakan Server sendiri pihak dari kantor Kemenag merasa terbantu itu dikarenakan memang tidak ada biaya dari Kementerian Agama pusat jelas H Asyik kepada wartawan kabarone.

Walaupun hanya ada 22 Madarasah Aliyah yang menyelenggarakan Ujian Nasional dengan sistem UNBK tetap bekerjasama sama dengan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan melalui Cabang Dinas Propinsi Jawa Timur yang berada di Kabupaten Bojonegoro terang Kacabdin Sumiarso beberapa waktu lalu.

Untuk Madarasah Aliyah yang Ujian Nasional menggunakan Sistem Ujian Nasional Kertas dan Pensil ( UNKP ) pihak dari sekolahan melalui Kelompok Kerja Madarasah Aliyah ( KKMA ) harus selalu berkoordinasi dengan pihak Penma dan Cabang Dinas Propinsi mulai pengambilan naskah dari propinsi, penyimpanan naskah di Kantor Polisi, pendistribusian naskah ke sekolahan sampai pengiriman lembar jawaban ke Propinsi lagi harus selalu berkesinambungan sehingga untuk Ujian Nasional baik yang menggunakan sistem UNBK maupun UNKP bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kendala.( pur )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *