Rayakan HUT ke 39, IALI Gelar RAKERNAS

Ragam551 views

Kabarone.com, Jakarta – Menyambut hari ulang tahun IALI ke 39, Ikatan Arsitek lanskap Indonesia (IALI) menggelar rapat kerja Nasional 2017, Sabtu(25_02). Dengan tema melalui RAKERNAS kita tingkatkan kinerja Organisasi untuk pengembangan sumber daya manusia dan implementasi program kerja IALI.

Ikatan Arsitek lanskap Indonesia berkiprah mempertahankan eksistensi profesi arsitek lanskap dan bersinerji dengan stakeholder lain dalam pembangunan wilayah demi menjamin keberlanjutan lingkungan yang harmonis antara alam dan manusianya hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia 2017, Bagus Tatang Dewantoro mengatakan,”

IALI merupakan satu-satunya Organisasi yang mewadahi dan mewakili Arsitek Lansekap di Indonesia, termasuk para mahasiswa/mahasiswi arsitektur lansekap dan seluruh elemen masyarakat yang berempati terhadapp Issue – isue konservasi alam dan budaya, pembangunan kota hijau, dan pembinaan lingkungan binaan yang sesuai dengan Visi Misi Organisasi IALI.

Seorang Arsitek Lanskap dituntut harus memiliki kemampuan :

1.) Pemahaman tanaman lokal maupun tanaman Introduksi beserta Teknik-teknik konstruksi penanamannya (termasuk pengetahuan sistem Irigasi, Drainase dan Pencahayaan) dengan managemen pemeliharaan/pengelolaannya, termasuk manajemen proyek selama pembangunan dan selanjutnya.

2.) Pemahaman tapak dalam bidang Klimatologi, Ekologi, Geologi, Tanah, Sosiobudaya, Sejarah dan Ekonomi.

3.) Pemahaman Arsitektur Bangunan, Teknik sipil, Perencanaan tata kota dan wilayah.

4.) Terlatih baik dalam menuangkan ide, gagasan dan buah pikiran baik secara verbal atau graphis atau visual.

5.) Memiliki daya penalaran ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan, berwatak dan berjiwa sosial serta berkemampuan menyampaikan ide secara komunikatif.

6.) Berjiwa wirausaha dengan menaati kode etik profesi.

Visi:

Membangun dan mengembangkan arsitek lansekap professional yang berjiwa ketuhanan Yang Maha Esa, berbudi, beretika dan berwawasan lingkungan, untuk berperan aktif dalam pembangunan Indonesia yang lestari.

Misi:

1. Menumbuhkembangkan kesadaran dan apresiasi publik pada profesi arsitek lansekap.

2. Mendorong dan berperan aktif bagi terciptanya lingkungan binaan (dan alam) yang aman, sehat, asri dan lestari melalui peran serta dan karya arsitek lansekap.

3. Mengayomi, meningkatkan kualitas dan daya saing, serta melindungi arsitek lansekap Indonesia dalam berpraktek profesi, dalam hubungannya antar arsitek lansekap, pengguna jasa maupun masyarakat di lingkungannya.

4. Mendukung terciptanya pendidikan arsitektur lansekap yang mampu menciptakan arsitek lansekap muda yang kreatif, handal, berjiwa wirausaha dan berwawasan lingkungan.

Tujuan dari RAKERNAS IALI 2017 dan peringatan HUT IALI ke 39 yakni” konsolidasi arahan organisasi selama setahun kedepan, sosialisasi program pengurus IALI program2016 – 2019.

Hal senada diungkapkan oleh Sekertaris Jendral IALI 2016 -2019,” Ujar Bagus Tatang Dewantoro.(AS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *