Categories: DaerahRegional

Pemprov Kaltara Dorong Seluruh Desa di Lingkungannya Bentuk BUMDes

Kabarone.com, Kaltara – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara melalui Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa (DPMD) mendorong seluruh desa yang ada di wilayah ini untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BUMDes, kata Kepala DPMD Kaltara Wahyuni Nuzban, adalah lembaga ekonomi baru berbasis desa yang merupakan salah satu usaha pemerintah dalam memajukan perekonomian di Desa,

“Kita harapkan ini menjadi motor penggerak perekonomian di Desa,” kata Wahyuni, Senin (29/5). Selama ini, menurut Yuni, dana desa lebih banyak dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur. Tidak banyak yang berputar di desa. Padahal sesuai instruksi presiden dan menteri, perlu dibentuk BUMDes, sebagai saraan untuk mengembangkan perekonomian di desa. “Dana desa bisa digunakan untuk modal BUMDes. Soal usahanya terserah, silakan desa berkresasi. Dan nanti juga dikelola oleh Desa itu sendiri,” ujarnya.

Dengan dana yang ada, lanjut Yuni—sapaan akrabnya, desa memiliki kebebasan dalam menentukan jenis usaha apa yang akan mereka geluti, melalui BUMDes yang dibentuk ini. Disesuaikan dengan potensi di desa masing-masing. “Usaha bisa dalam bentuk jasa, perdagangan, perindustrian dan banyak lagi sesuai potensi desa masing-masing,” jelasnya.

Yuni mengungkapkan, hingga kini di Kaltara sudah terbentuk sekitar 82 BUMDes dan diharapkan untuk tahun ini akan ada lagi sekitar 80 BUMDes baru terbentuk. “Setiap tahun kita beri bimbingan di Kabupaten/Kota di Kaltara untuk meningkatkan sumber daya pengelola BUMDes. Di sampingi itu, kita juga dorong agar ditambah tenaga pendamping desa yang juga membantu dalam mengelola BUMDes,” iungkap Yuni.

Yuni juga mengharapkan, agar perusahaan yang masuk dalam wilayah sebuah desa dapat melakukan kerjasama, baik berupa kemitraan maupun pembinaan kepada BUMDes.

Sejauh ini, imbuhnya, masih ada beberapa kendala dalam pembentukan BUMDes. Di antaranya, pembentukan kelembagaannya yang belum maksimal, kurangnya SDM dalam mengelola BUMDes, serta rendahnya inisiatif lokal dalam mengembangkan potensi yang ada. “Namun satu per satu kendala mulai teratasi. Kita harapkan BUMDes nantinya dapat secara optimal dalam meningkatkan ekonomi Desa di Kaltara,” lanjutnya. (hms)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

10 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

11 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago