Categories: DaerahRegional

Cegah Penularan Penyakit, Dinas Kesehatan Bojonegoro Gelar Rapat Evaluasi

Kabarone.com, Bojonegoro – Bertempat di Creative Room lantai 6 Gedung Pemkab Bojonegoro, Selasa (30/5) pagi tadi dilaksanakan rapat evaluasi Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro yang dipimpin oleh Sekretaris Pemkab Bojonegoro, Drs. Soehadi Moeljono, MM.

Dalam rapat yang dihadiri oleh Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Bojonegoro, tampak pula hadir dalam kesempatan ini Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, dr. Sunhadi dan pejabat di Dinas Kesehatan.

Mengawali Rapat ini Sekda memberikan beberapa penekanan kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan utamanya memasuki datangnya Hari Raya Idul Fitri mendatang. Yakni kepala UPT Puskesmas tidak diberkenankan tidak ditempat atau libur. Mereka harus bertanggungjawab terhadap pelayanan kesehatan diwilayah masing-masing. Dalam kesempatan ini Sekda melarang adanya petugas yang berjaga 24 jam . Hal ini tidak boleh terjadi untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi di saat saat lebaran penyakit yang harus diwaspadai adalah diare dan lain sebagainya. Kepala Puskemas juga harus menyiapkan personil yang akan bertugas di pos pengamanan lebaran di wilayah Bojonegoro atau yang ditempatkan di beberapa titik rest area.

Masih dalam rapat ini Sekda menegaskan tentang beberapa upaya yang harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan untuk mencegah penyebaran penyakit menular dan lainnya. Salah satunya adalah mengantisipasi kematian ibu dan bayi. Petugas kesehatan, Lanjut Sekda, harus memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya Ibu Hamil dan keluarganya agar tidak terjadi kematian kepada ibu maupun bayinya serta tindakan pencegahan yang harus dilakukan. Itu adalah salah satu yang disampaikan Sekda saat mempin rapat evaluasi dan perencanaan program pengendalian penyakit menular di Bojonegoro. Mengubah pola pemikiran masyarakat adalah kunci utama dalam menangani penyebaran penyakit menular. Intensif dan peduli terhadap mereka yang menderita penyakit menular, selain pengobatan namun kepedulian kita menjadi salah satu pendukung penyembuhan penderita.

Sementara itu data dari Seksi penyakit menular Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, beberapa penyakit menular yang harus diperhatikan dan diwaspadai adalah HIV AIDS, Tubercolusis, Kusta dan DBD. Untuk penularan HIV AIDS Jawa Timur menempati peringkat pertama di Indonesia dengan jumlah penderita sampai dengan Maret 2016 mencapai 14.499 kasus. Untuk Kabupaten Bojonegoro jumlah penderita HIV AIDS dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahun 2014 terdapat 132 kasus, 95 hidup dan 37 meninggal dunia. Tahun 2015 terdapat 186 kasus, 161 hidup dan 25 meninggal dunia dan ditahun 2016 terdapat 166 kasus, 125 hidup dan 41 meninggal dunia. Adapun kasus DBD ditahin 2015 terdapat 565 kasus 7 diantaranya harus meninggal dunia. Tahun 2016 terdapat 543 kasus dan 18 meninggal dunia. Sedangkan untuk tahun 2017 sampai dengan 19 mei ini terdapat 106 kasus DBD dan 5 meninggal dunia.

Sementara itu untuk kasus Tubercolusis (TB) di Kabupaten Bojonegoro tahun 2014 terdapat 1.222 penderita TB, kemudian ditahun 2015 terdapat 1.260 penderita dan tahun 2016 meningkat menjadi 1.323 kasus TB. Untuk penyakit menular lainnya yakni kusta di Bojonegoro ditahun 2015 terdapat 68 penderita baru dan ditahun 2016 terdapat 75 penderita baru.( Dan)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

11 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

12 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago