Categories: DaerahRegional

Kepala Desa se-Kecamatan Turi SIAP Sukseskan Program Pembangunan Desa

Kabarone.com, Lamongan – Sebanyak 19 Kepala Desa dari sejumlah Desa yang ada di Kecamatan Kabupaten Lamongan Jawa Timur mengikuti kegiatan rutin Konfrensi Dinas Kepala Desa (Kades) pada tiap bulannya. Konferensi dinas yang digelar oleh Kecamatan Turi di pendopo Balai Desa Pomahanjanggan, yakni ada 16 kepala Desa hadir serta kegiatan juga di hadiri seluruh ka Upt kecamatan Turi, Koramil Turi, Polsek Turi dan staf kecamatan Turi, Selasa (25/7).

Acara dibuka langsung oleh Camat Turi, Suja’i SH, MM Dalam hal ini membahas beberapa materi tentang Pemerintahan Pembangunan dan Kemasyarakatan. Serta menyangkut tentang pelaksanaan program pembangunan Desa baik Alokasi Dana Desa (ADD) atau lebih – lebih tentang Dana Desa (DD) yang anggarannya sangat banyak dalam hal ini Pembangunan Desa diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah kabupaten.

Dalam kesempatan ini Camat Kecamatan Turi Suja’i, SH. MM. Menuturkan, Kepala Desa (Kades) memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.
Secara eksplisit empat tugas utama Kepala Desa yaitu: menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Kepala Desa juga Memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa, Mengangkat dan memberhentikan Kepala Desa, Membina kehidupan masyarakat desa, Membina ketentramana dan ketertiban masyarakat desa, Membina dan meningkatkan perekonimian desa serta mengintegrasikannya agar mencapai skala produktif untuk sebesar-besarnya kemakmuran desa, Mengembangkan sumber pendapatan desa, Mengusulkan dan menerima pelimpahan sebagian kekayaan negara guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, Mengembangkan kehidupan sosial budaya masyarakat desa.
Memanfaatkan teknologi tepat guna, serta mengoordinasikan pembangunan desa secara partisipatif.

Camat Turi lagi-lagi berpesan agar di dalam pelaksanaannya tidak terjadi kecemburuan sosial di masyarakat Agar lebih transparan, menurutnya sangat perlu diinformasikan ke publik dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada seperti media sosial (medsos) / On Line, Tv dan Cetak. Sehingga program pembangunan bisa dengan muda diaplikasikan ke masyarakat utk mudah diketahui,” pesannya, Desa juga perlu mempersiapkan mekanisme pengawasan yang baik, agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Diharapkan lagi, para kepala Desa untuk berbagi tugas, yaitu berusaha menyelesaikan persoalan yang ada di Desa masing-masing dengan berbagai pendekatan persuasif.

Acara ini disayangkan oleh Camat Turi atas ketidak hadiran H. Sholikin selaku kepala Desa Kepudibener, Mahmudi kepala Desa Ngujung Rejo dan Abdul Qodir Ridwan selaku kepala Desa Sukoanyar,” ungkapnya.

Kepala Desa Pomahanjanggan Hasan Bisri dalam sambutannya mengatakan, dalam konferensi dinas ini menitik beratkan pada persiapan pelaksanaan HUT RI ke 72 pada bulan Agustus mendatang, serta sejumlah program pembangunan perekonomian Desa seperti pembangunan infrastruktur sebagai penopang aktivitas perekonomian masyarakat Desa, serta peningkatan sebagai pelayanan masyarakat yang lebih baik lagi.

“Pada prinsipnya dari konferensi dinas tadi semua kepala Desa siap untuk mensukseskan program -program pembangunan yang telah diarahkan Bapak Camat Turi kepada kami.

Sebagaimana konsekuensi amanat dari pemerintah pusat untuk menggelar perayaan HUT RI ke 72 di setiap Desa. Tujuan akhir dari Konfrensi ini adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa,” kata Kades Bisri.

Ditambahkan Bisri, Acara konferensi dinas ini sudah agenda rutin bulanan yang diprogramkan oleh Kecamatan Turi. Sebagai bentuk ajang silaturahmi, pertukaran informasi dan evaluasi program yang telah dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan dan dicapai oleh pemerintah Desa,” pungkasnya (pul/pur/rul).

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Spirit Al-Maun Jejaki KH. Ahmad Dahlan, Lazismu OKU Timur Bagikan Nasi Kotak untuk Masyarakat

OKU Timur, Kabar One.com– Sprit Al-Ma’un mengajarkan aktualisasi terhadap aspek sosial agar bagai mana umat…

10 hours ago

Ketua PC IMM Ngawi Apresiasi Buku Pelukan Ramadan

Ngawi, KabarOne.com – Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Ngawi, Uswatun Hasanah, memberikan…

10 hours ago

Ini Kata Ketua DPRD Setelah Ditetapkannya Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati

KOTABARU,kabarOne.com- Penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kotabaru di laksanakan oleh Komisi…

11 hours ago

JAM-Intelijen: “Kehadiran Rumah Adhyaksa Banten Bukti Kejaksaan Peduli Masyarakat Banten

Jakarta, Kabar One.com– Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM-Intelijen) Reda Manthovani selaku Ketua Pokja Pembangunan Rumah…

17 hours ago

Pentingnya Manajemen Media Ciptakan Pilkada Damai, Kabidhumas Polda Jateng : Jangan Menjauhi Wartawan

BANYUMAS,kabarone.com - Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto menekankan manajemen media memiliki peran penting bagi…

19 hours ago

MA Raih Penghargaan Dari BKN

JAKARTA,Kabar One .com; Mahkamah Agung menerima penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam kegiatan Instrumen…

21 hours ago