KAL Ambalat Made Indonesia Siap Perkuat Patroli Perairan Perbatasan

NUNUKAN. Kabarone.com – Kedatangan KAL Ambalat buatan putra-putri Indonesia di Pangkalan TNI AL Nunukan Kalimantan Utara, menambah alutsista di wilayah perbatasan.

Komandan Pangkalan TNI AL di Nunukan Letkol Laut (P) Ari Aryono megatakan, dengan spesifikasi KAL Ambalat yang lebih ramping dan ringan akan lebih gesit dan mempermudah TNI AL melakukan patroli pengawasan terhadap kerawanan keamanan di perairan perbatasan.

Kerawanan yang sering terjadi di perairan Ambalat diantaranya kerawanan pencurian ikan, perompakan, penyelundupan narkoba dan miras serta kewaspadaan terhadap masuknya ISIS melalui perairan perbatasan.

“Tugas pokoknya akan mengikuti kerawanan yang kompleks di Nunukan. Dengan penambahan ini disesuaikan dengan kerawanan yang ada,” ujarnya, Senin (31/07/2017).

Kal Ambalat sendiri diserahaterimakan ke Pangkalan TNI AL Nunukan pada bulan April lalu dan menjalani pemasangan persenjataan di Surabaya hingga secara resmi menjalankan tugas di wilayah perbatasan, Senin (31/07). Kal Ambalat sendiri merupakan kapal patrol buatan dalam negeri dengan pelaksana PT Tesco Indo Maritim.

Kal Ambalat 1-13-45 terbuat dari aluminium dengan persenjataan mitraliur 20 milimeter di bagian haluan kapal dan mitraliuur 12,7 milimeter di bagian haluan.

”Panjangnya 28 meter, lebar 5,8 meter dengan kecepatan maksimal 29 hingga 30 knot, kecepatan jelajah ekonomis 16 knot. Sementara daya dukung senjata mitraliur 20 milimeter dan di bagian belakang 12,7 milimeter,” imbuh Ari Aryono.

Selain Pangkalan TNI AL, 4 pangkalan lain juga menerima kapal patrol jenis yang sama yaitu Pangkalan TNI AL Aru, Pangkalan TNI AL Sangalaki, Pangkalan TNI AL Melongwane dan Pangkalan TNI AL Tahuna.

(*)

 

Redaksi

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

5 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

7 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

8 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

15 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

19 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago