Categories: Hukum

Wartawan Polda Jateng Deklarasikan Pilkada Damai, Ini Pesan Kapolda

Kabarone.com, Semarang – Puluhan wartawan unit Polda Jawa Tengah mendeklarasikan komitmennya turut mensukseskan pelaksanaan Pilkada Damai 2018, Selasa (13/2) di Vina House Semarang.

Kegiatan yang bertujuan mendukung terselenggaranya pilkada serentak 2018 di Jawa Tengah yang aman dan kondusif ini dibuka langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

Condro menuturkan damainya pilkada tergantung dari beberapa komponen, yaitu penyelenggara pilkada baik KPU, Bawaslu yang independen, Tim masing masing calon harus mengedepankan etika dalam membangun bangsa dan netralitasTNI Polri juga setara memberikan pengamanan kepada Paslon.

Tidak kalah pentingnya, dalam hal ini Kapolda menyebut peran media sangatlah penting.
“Media adalah bagian stake holder pembuat damai, komponen yang berperan mendinginkan bagian rumah kitat, tidak boleh terjadi pecah belah,” tegas dia

Diakhir sambutannya, Condro menyampaikan pesan kepada wartawan agar pada saat melakukan wawancara kepada narasumber terkait pilkada, hendaknya selalu dipertanyakan tentang harapan dari narasumber berkenaan pelakasanaan pilkada itu sendiri. ” Hal ini paling tidak bisa mendinginkan suasana dan membuat masyarakat menjadi tenang,” tambah dia.

Kapolda mengharapkan pula nantinya pada saat pesta demokrasi berlangsung masyarakat bisa menyampaikan hak kedaulatan memilih pemimpin secara bebas bergembira dengan tetap memperhatikan rambu yang telah di tetapkan sehingga pilkada berjalan aman damai.

Seperti diketahui, Polda Jateng dalam mengantisipasi kerawanan jalannya tahapan pilkada baik mulai sebelum, pada saat ataupun sesudah pilkada juga telah menujukkan kesiapannya dengan membentuk beberapa satgas diantaranya Satgas Managemen Media Sosial, Satgas Anti Kampanye Hitam (Black Compaign) dam Satgas Anti Money Politic.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Agus Triatmaja mengapresiasi atas kinerja wartawan Unit Polda Jateng selama ini dan terlebih terselenggaranya acara deklarasi ini. ” Berawal dari Satgas Nusantara di bawah pimpinan Wakapoloda Jateng kemudian kami diskusikan dengan rekan rekan wartawan kemudian muncullah ide kegiatan deklarasi dan talkshow,” kata Agus

Selaras dengan hal itu, Damar Sinuko dari Televisi Trans7selaku perwakilan wartawan berkomitmen bahwasanya wartawan dalam mendukung pilkada damai harus tetap bersikap independen objektif dan tidak akan pernah terkontaminasi oleh apapun.

Deklarasi pada siang itu dihadiri Kapolda,Wakapolda,Irwasda, jajaran Pejabat tinggi Polda Jateng para Pimpinan Redaksi dan wartawan dari berbagai media.

Usai Pembacaan Deklarasi Damai, acara dilanjutkan dengan talkshow Seputar Pilkada dengan nara sumber Kapolda Jateng Irjen Chondro Kirono, Aulia dari Redaksi koran Wawasan dan Pakar Komunikasi Universitas Diponegoro Triono Lukmantoro. (Amr)

redaksi

Recent Posts

.Polres Jakarta Timur Belum Ungkap Dugaan Pembunuhan, Keluarga Korban Minta Kepastian Hukum Ke Kapolri

Jakarta ,Kabarone.com,-Keluarga korban orang hilang meminta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri RI) Sulistyo Sigit Prabowo,…

1 hour ago

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

7 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

20 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

20 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

21 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

23 hours ago