Categories: Hankam

TMMD Dari Desa Untuk Indonesia.

Kabarone.com, Pati – Asisten Administrasi Provinsi Jawa Tengah Drs . Budi Wibowo, M.Si resmi membuk TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 101 Tahun 2018 Kodim 0718/Pati di Lapangan sepak bola Desa Godo Kecamatan Winong Kabupaten Pati, Rabu (4/4/2018).

TMMD yang mengambil tema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”, juga dihadiri oleh Irdam IV/Dip Kol Inf Legowo, Danrem 073/Mkt Kol Inf Jony Pardede, para pejabat TNI, Polri, Forkopinda Kabupaten Pati, SKPD Kabupaten Pati, Toga dan Tomas Desa Godo.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam amanatnya yang dibacakan Asisten Administrasi Prov. Jateng Budi Wibowo mengungkapkan rasa bangga dan syukur karena bisa bersama-sama membangun negeri melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 101 dan TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2018.

“Inilah bagian dari cara kita merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan kita”, tegas Budi Wibowo

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini jumlah penduduk miskin di Jateng per-September 2017 sebanyak 4,197 juta jiwa atau 12,23%. Sedangkan jumlah pengangguran terbuka per-Agustus 2017 sebesar 4,57%.
Indeks pembangunan manusia pada tahun 2016 berada pada angka 69,98.

“Ini adalah PR kita yang harus dikeroyok dan diselesaikan bersama-sama”, ajaknya.

TMMD sebagai program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemda, serta segenap lapisan masyarakat merupakan salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai permasalahan yang sedang di hadapi.

Pelaksanaan program TMMD sendiri Tahap I Tahun 2018 berlangsung berlangsung dari tanggal 4 April sampai dengan 3 Mei 2018 mengarah pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di daerah, membuka isolasi antar desa sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah.

Selain itu dapat mendorong meningkatnya kesehatan lingkungan dan sanitasi di kawasan padat penduduk dan kumuh perkotaan serta gerakan masyarakat hidup sehat.

Program TMMD juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka membangun karakter generasi penerus bangsa agar ketahanan bangsa yang dijiwai Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika tetap terus terjaga dari gangguan virus berupa terorisme, radikalisme, dan narkoba.

Sinergitas Program Kementerian Dikbud RI dengan Program TMMD Tahap I yang siap disinergikan diantaranya meliputi pemberantasan buta aksara, PAUD, pendidikan karakter, termasuk pendidikan keluarga, pendidikan ketrampilan dan pendidikan kesetaraan yang semuanya berbasis desa.

“TMMD ini harus kita sukseskan bersama. Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah yang menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi”, pinta Gubernur melalui Asisten 3.

Lebih lanjut Gubernur meekankan bahwa kita ingin seluruh desa di Jawa Tengah semakin maju dan mandiri. Kita ingin kehidupan rakyat Jawa Tengah semakin sejahtera.

Jalan dan jembatan semakin memadai sehingga aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang dari dan ke desa semakin lancar. Kemudian sarana prasarana fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat juga makin baik.

Melalui TMMD , semua pihak harus mengoptimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskinan, pengangguran dan penyelesaian PR-PR kita di Jawa Tengah.

“Kita ingin desa-desa di Jateng makin maju, mandiri dan masyarakatnya pun semakin makmur sejahtera. Inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama. Mari kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian kepada Ibu Pertiwi. Bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan di negeri ini. Dari Desa untuk Indonesia”, pungkasnya.

Usai upacara pembukaan, acara dilanjutkan penyerahan sertifikat tanah program prona, pemberian santunan kematian, penyerahan bed pelayanan KB, penyerahan bantuan bibit ikan, terpal dan pakan ikan, penyerahan bantuan kloset, penanaman pohon penghijauan, peninjauan pelayanan KB, pelayanan kesehatan, pelayanan donor darah dan peninjauan bazar, peninjauan RTLH serta pengecoran betonisasi secara simbolis.

Pelaksanaan TMMD melibatkan Personil
dari Kodim 0718/Pati, Polres Pati dan Masyarakat Pati dengan sasaran fisik penimbunan dan perataan tanah jalan 1,7 KM, betonisasi, rehab/bangun 2 unit pos Kamling, rehab 3 unit RTLH 3, jambanisasi 20 unit, pengaspalan jalan 100 m x 8 m di sekitar Lapangan dan rehab gapura Desa Godo. (amr)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Doli M Tanjung Jabat Kapolres Kotabaru, Tri Suhartanto Jabat Kapolres Cimahi

KOTABARU,kabarOne.com-Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, S.H. M.H pimpin upacara serah terima jabatan AKBP Doli M…

5 hours ago

Ketua Makamah Agung Lantik Enam Orang Ketua Pengadilan Tinggi

Jakarta ,Kabarone : Ketua Mahkamah Agung mengambil sumpah jabatan dan melantik enam orang Ketua Pengadilan…

9 hours ago

Proyek Saluran Cempaka Putih Layak “Dibongkar Ulang” Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

Jakarta,Kabar One.com - Pekerjaan Nomalisasi Saluran Jl. Cempaka Putih Barat XIX dan Cempaka Putih Barat…

1 day ago

Belum Sepekan Menjabat, Nama Kajari Lamongan Rizal Edison Dicatut OTK untuk Penipuan

LAMONGAN,Kabar One.com- Belum genap sepekan menjabat, namanya sudah dicatut orang tak dikenal (OTK) untuk melakukan…

1 day ago

Ahmad Lutfi Pamit di HUT Bhayangkara ke – 78, Tekankan Pengabdian Polri Kepada Jateng

SEMARANG,kabarone.com- Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan pamit dalam perayaan HUT Bhayangkara…

1 day ago

Respon H. Isam, Jhonlin Group Salurkan 1 Miliar Untuk Korban Kebakaran Melalui Andi Rudi Latif

TANAH BUMBU,kabarOne.com- Kebakaran hebat yang terjadi di permukiman padat penduduk di RT 19 Gang Mawar…

2 days ago