Inovasi Samsat Jabar Belum Memudahkan Wajib Pajak

Daerah, Regional613 views

Kabarone.com, Cirebon – Untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor, layanan Samsat Jawa Barat melakukan berbagai inovasi layanan. Akan tetapi inovasi-inovasi baru layanan Samsat Jawa Barat masih belum memudahkan wajib pajak.

Seperti dikeluhkan sejumlah wajib pajak kendaraan bermotor menyebutkan niat baiknya belum tentu bisa di terima baik oleh Samsat Jawa Barat. “Saya sudah niat mau bayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu tapi di tolak oleh Samsat Kabupaten Cirebon 1 Sumber,” kata seorang wajib pajak, Anti Ashilah kepada media ini Rabu (18/04).

Menurutnya untuk bayar pajak di Samsat Kabupaten Cirebon 1 Sumber harus membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang tertera pada STNK kendaraan bermotor tersebut.

Lah Itu kan sama menyulitkan bagi wajib pajak, misalnya kendaraan yang sekarang ini dapat beli dari pihak kedua atau ketiga. Sedang orang yang bersangkutan sekarang tidak di ketahui alamatnya, bisa jadi nama di STNK orangnya sudah pindah alamat ke alam baka(meninggal, red),” ungkapnya.

Sedangkan waktu jatuh tempo pajak kendaraan bermotor deadline dan telat bayar sehari saja akan di kenakan denda. Nah itu kan artinya sama dengan menyulitkan wajib pajak dan menambah beban masyarakat, tandasnya.
Konon bayar pajak kendaraan bermotor melalui biro jasa bisa tanpa membawa KTP elektronik asli yang tertera pada STNK kendaraan bermotor tersebut, ko bisa begitu apa iya…..? ” Bisa tapi bayar melalui biro jasa tentu lebih mahal, ya sama aja menambah beban pengeluaran masyarakat, ” tegasnya

Sementara Kepada Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat, H.Dadang Suharto, SH, MM saat dikonfirmasi media ini Rabu, 18/05-2018 seusai peresmian Samsat Kabupaten Cirebon 1 Sumber tidak dapat menjawab secara tegas bahkan mencari bantuan pendapat polisi (Kanit Regident).

Menurutnya kasus ini sebenarnya bisa di buat pernyataan dari pihak berwenang yang menyatakan alamat orang yang bersangkutan sudah pindah atau tidak ditemukan. Sehingga wajib pajak tetap bisa bayar pajak.
Saat ini Samsat Jawa Barat berusaha memudahkan masyarakat untuk bayar pajak kendaraan bermotor dan baru launching inovasi layanan Samsat Jawa Barat yaitu SMS info 8787, Sambara ( Samsat Mobil Jawa Barat ), Samping Katepel ( Samsat Taping KTP Elektronik ) & Layanan Loket Pembayaran Non Tunai, pungkasnya. (Mulbae
)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *