Dinas Pendidikan Lamongan Kucurkan Dana DAK SD 2018 Sebesar 9 Milliar

Daerah, Regional1,544 views

Kabarone.com, Lamongan – Dinas Pendidikan (Disdik) Lamongan menganggarkan Rp 9 miliar untuk rehabilitasi gedung sekolah dasar (SD) rencananya, anggaran Rp 9 miliar tersebut untuk rehab 66 lembaga. Setiap lembaga, melakukan perbaikan dua kelas.

Kepala Bidang SD (sekolah dasar)pendidikan lamongan (Disdik) Lamongan,Sukur, mengatakan, tahun lalu anggaran perbaikan gedung mencapai Rp 10 miliar. Dana tersebut bisa digunakan memperbaiki kelas di 117 lembaga.

Tahun ini kebutuhan rehab gedung sebenarnya terus bertambah. Sebab, tingkat kerusakan masing-masing lembaga berbeda.

Apalagi, harga sejumlah bahan bangunan juga naik. Menurut dia, lembaga dengan tingkat kerusakan sedang atau berat bakal dijatah anggaran sama.

Nilainya Rp 137,5 juta per lembaga untuk perbaikan dua ruang kelas. ”Titik beratnya hanya rehab sedang, untuk rehab berat kemungkinan dananya akan ditambah masing-masing lembaga,” ujarnya.

Sukur menjelaskan, dengan dana terbatas, rehab sekolah tahun ini tidak melibatkan pihak ketiga. Pengerjaannya secara swakelola masing-masing lembaga.

Jika dana di bawah Rp 200 juta, maka dinas pendidikan (disdik) tidak perlu melakukan lelang. Apabila lembaga memiliki dana lebih untuk tambahan, maka lembaga tersebut bebas melakukan rehab sesuai kebutuhan.

Masih menurut Sukur menambahkan, rehab gedung sekolah termasuk cukup mendesak. Perbaikan harus dilakukan secara berkala karena proses belajar dan mengajar terjadi setiap hari.

Menurut Sukur, siswa membutuhkan kondisi kelas aman dan nyaman. Pihaknya hanya bisa mengusulkan nilai anggarannya. Keputusannya, tergantung eksekutif dan legislatif yang membahas APBD. “Karena perbaikan infrastruktur lain juga sangat mendesak,” tuturnya.(ian/pull/fer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *