Datangi Kantor DPRD Kotabaru, Kakanwil Kemekumham Bahas MoU

KOTABARU. Kabarone.com, – Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan kunjungi Kantor DPRD Kabupaten Kotabaru di lanjutkan rapat dengar pendapat dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dalam hal penataan regulasi Daerah, Selasa 24/4/18 di ruang rapat komisi DPRD Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Ketua Bapemperda DPRD Kotabaru Sukardi,S. Sos mengatakan, kedatangan Kemenkumham Kanwil Kalimantan Selatan di Kotabaru kita sambut dengan positif, dalam rangka membangun kerjasama dalam hal penataan regulasi Daerah dan kami juga sepakat bahwa Kemenkumham menawarkan MoU atau memorandum of understanding dan nota kesepahaman.

Salah satunya. MoU dibidang perundang- undangan khususnya tentang peraturan Daerah maupun yang terkait masalah hukum dan perundangan- undangan, atas kunjungan mereka ini perlu segera di tidak lanjuti dalam rangka melakukan MoU yang sudah di sepakati bersama, tentang bagaimana konsepnya dan kemudian bidang apa saja yang bisa dikerjakan dan itu harus dibicarakan lebih lanjut lagi, ujar Sukardi.

Tambah Sukardi, Kami sepakat saja apa yang di tawarkan, setelah ini akan kami laporkan ke pimpinan, kalau ini penting dan harus di tindak lanjuti dalam rangka MoU.

Sementara itu Perwakilan Kemenkumham Kanwil Kalimantan Selatan Agustina Dayaleluni mengatakan, kedatangan kami ke DPRD Kabupaten Kotabaru adalah menyampaikan peran fungsi tugas dan keberadaan Kemenkumham Kalimantan Selatan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam hal penataan regulasi Daerah.

Dimana regulasi Daerah itu tidak terbatas di dalam pembentukan dan penyusunan Raperda saja, tapi banyak instrumen- instrumen hukum yang di keluarkan Pemerintah Daerah yang perlu sebenarnya menjadi bagian kerjasama dengan Kemenkumham, antara lain yaitu membantu pihak DPRD khususnya dalam membantu gugatan dan menjawab gugatan serta dalam hal membuat surat edaran dari peraturan Bupati sampai dengan instruksi Bupati.

Selain itu juga dapat memfasilitasi dalam penyusunan dan peremusan MoU serta kontrak, baik itu sipatnya nasional maupun internasional, sebelum kami hadir di DPRD Kabupaten Kotabaru, kami sudah bertemu dengan Sekda Kotabaru untuk menyampaikan program- program yang sama dan di sambut dengan baik atas kehadiran kami, dan lebih menekankan supaya bekerjasama dengan pihak DPRD untuk melakukan percepatan dalam tindak lanjut dari apa yang kami sampaikan ini yaitu dengan kerja sama memorandum of understanding, jelasnya.

(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *