Wabup Kartika, Lomba Unik 17 Agustus Cerminkan Wujud Puji Syukur Atas Kemerdekaan

Daerah, Regional1,573 views

Kabarone.com,Lamongan – Berhubungan dengan Serangkaian kegiatan HUT RI Yang Ke-73, pada pukul 14.00 WIB diadakan lomba yang sangat unik sederhana tapi meriah, lomba ini berlangsung tepatnya ada di Dusun Dampit, Desa Sumberejo, Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Minggu, (05/7).

Perlombaan panjat batang pohon pisang yang sudah dikemas menyerupai lomba panjat pohon pinang pada umumnya, memang di sengaja dikemas oleh panitia sebagai lomba yang unik biar menarik perhatian masyarakat yang hadir, terutama Wakil Bupati Lamongan Hj. Kartika Hidayati.

Disamping itu juga ada berbagai lomba yang lain, seperti halnya memasukkan hewan belut kedalam botol sambil berlari juga nyunggi tampah dan banyak perlombaan lainya demi menyemarakkan peringatan 17 Agustusan di tahun ini, “ujar Udin Prasetyo selaku Ketua Panitia.

Sementara, Sumantri Kepala Desa Sumberejo menjelaskan, “Acara lomba yang dibuka oleh wakil Bupati Lamongan Hj. Kartika Hidayati.
Dalam perlombaan ini, sebuah panjat batang pohon pisang yang sudah dikemas menyerupai lomba panjat pohon pinang.

Dalam perlombaan tersebut memiliki makna yang penting untuk saling bahu membahu dan gotong royong demi mencapai tujuan bersama,”jelas Kades Sumantri.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati (Wabup) Hj. Kartika Hidayati mengatakan, Kita semua sebagai rakyat Indonesia harus tahu bahwa negeri ini tidak merdeka begitu saja, akan tetapi kemerdekaan itu dicapai dengan darah, dengan nyawa yang dilakukan oleh para pahlawan kemerdekaan kita.

Ditambahkannya, “Sekarang ini saatnya menyambut 17 Agustus. Kita semua perlu merayakan sebagai ucapan puji syukur atas kemerdekaan ini, seperti yang dilakukan oleh anak-anak saat ini, mereka bergembira dan antusias ikuti perlombaan seperti halnya lomba panjat pohon batang pisang bagaimana mereka berusaha bisa sampai puncak, ujar Wabup Kartika,”tambah Wabup Kartika.

“Dalam perlombaan panjat batang pohon pisang ini merupakan sebuah pelajaran yang sangat nyata. Ada beberapa hal yang bisa dijabarkan agar bisa dimaknai sebagai filosofi permain yang sudah dilakukan oleh masyarakat dalam perayaan HUT RI Ke- 73 ini.

Hal ini sebagai sikap yang mengambarkan pada kehidupan bersosial kemasyarakatan. Setiap orang akan menyadari kalau bekerja sendiri itu akan terasa berat, dan pasti akan lebih ringan bila pekerjaan dilakukan kerja bareng/kerja bersama karena ini adalah cermin INDONESIA KERJA BERSAMA.

Karena kita membutuhkan orang lain atau tumpuan kuat yang ada di bawahnya, namun hal ini akan membuat seseorang semakin kuat bila bekerja sama dan gotong royong untuk dapat menaklukkan tantangannya seperti halnya pada lomba panjat batang pohon pisang yang sudah dikemas menyerupai lomba panjat pohon pinang yang tinggi tersebut, “Pungkasnya (red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *