by

Bupati Kotabaru Hadiri Acara Adat Mallasuang Manu

Kabarone.com, Kotabaru- Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar hadiri acara Adat Mallasuang Manu masyarakat suku mandar yang berada di Desa Teluk Aru Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru, Minggu 26/8/18.

Mallasuang Manu merupakan wujud rasa syukur masyarakat suku mandar yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan, dan acara Adat Mallasuang Manu adalah melepas sepasang ayam jantan dan betina yang merupakan adat masyarakat suku Mandar yang ada di Desa Teluk Aru Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Dirintis warga setempat pada tahun 2000 dengan dana yang seadanya, tapi berkat keseriusan masyarakat kini acara adat Mallasuang Manu mendapat perhatian khusus dari Pemkab Kotabaru melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Mallasuang Manu akhirnya menjadi agenda tahunan sejak tahun 2003 hingga sekarang.

Acara dihadri Bupati kotabaru, H.Sayed jafar, SH, Komandan Lanal Kotabaru, Letkol laut (E) Joko Andriyanto, S.T.M.Tr. Hanla, Dandim 1004/Ktb Letkol Inf Rony Fitrianto S.Sos, Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto, Sik.MH, Sekda Kotabaru Drs. H. Said Akhmad. MM, Kejari Kotabaru Indah Laila, SH, Wakil ketua DPRD Kotabaru Muhammad Arif, SH,M.Hum dan Mukhini. AF, Camat Pulau Laut Kepulauan, Joko Prayitno dan masyarakat Pantai Teluk Aru Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru.

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH mengatakan, terima kasih atas antusias warga setempat untuk mendukung pesta Katir Race dan Upacara adat Mallasuang Manu kali ini, yang mana ini adalah event di Kepulauan yang akan kita tingkatkan dengan kondisi tempat- tempat wisata yang banyak sekali untuk kita memanfaatkan.

lomba perahu layar “Katir Race” di Pantai Teluk Aru Kecamatan Pulau Laut Kepulauan adalah upaya melestarikan tradisi budaya daerah, selain upaya melestarikan adat dan budaya daerah, Katir race diyakini dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang menarik wisatawan domestik maupun luar negeri, ucapnya.

Dulunya acara adat ini dilaksanakan di pulau cinta yang berada sekitar 2 mil dari pantai batu jodoh, tetapi dalam beberapa tahun ini acara adat ini dilaksanakan di pantai batu jodoh saja.

Selain Pesta Adat Mallasuang Manu, untuk menambah kemeriahan masyarakat suku mandar juga mengadakan berbagai perlombaan seperti lomba perahu katir race,dan lainnya.

Sekitar 55 perahu katir yang dibagi menjadi dua kategori yaitu 30 perahu besar dan 25 perahu kecil untuk mengikuti lomba Katir Race yang sudah menjadi agenda pariwisata tahunan Kabupaten Kotabaru.

Diharapkannya, kedepannya acara Katir Race ini bisa terus dipromosikan ke masyarakat umumnya sehingga menjadi salah satu ikon budaya dan identitas daerah Bumi Sa-ljaan, semoga di tahun- tahun mendatang, pelaksanaan lomba perahu Katir Race dapat terus ditingkatkan lagi baik dari kualitas penyelenggaraan, promosi maupun dari partisipasi peserta sehingga event semacam ini dapat menjadi event berskala Internasional sebagaimana harapan seluruh masyarakat Kotabaru sehingga dikenal dunia, tutupnya.(Hrp)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *