Sambut HUT TNI ke 73, 8000 Peserta Ikuti Tari Gemu Famire di Semarang

Hankam512 views

Kabarone.com, SEMARANG – Sebanyak 8.000 orang ikut menyelenggarakan acara pemecahan Rekor MURI Tari Gemu Famire serentak seluruh Indonesia, di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Selasa (4/9).

Untuk Kota Semarang sendiri, kegiatan dalam rangka menyambut HUT TNI 73 dan pemecahan rekor MURI Tari Gemu Famire melibatkan TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, Polri dalam hal ini Polda Jateng, Persit, siswa-siswi,serta masyarakat.

Di wilayah Jateng dan DIY pemecahan rekor digelar di lima tempat yaitu, Lapangan Wijayakusuma Purwokerto, Lanud Adi Sucipto Yogyakarta, Lanud Adi Sumarmo Surakarta, Lapangan Jendral Sudirman Ambarawa dan Lapangan Simpang Lima Kota Semarang.

Kasdam IV/DIponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari S.I.P M.Si menargetkan lebih dari 25 ribu untuk wilayah Jawa Tengah-DIY, dan ini merupakan bagian dari rekor MURI yang dipecahkan di seluruh Indonesia.

“Kita mengundang lebih dari 8.000 ditambah masyarakat di sekitar Simpang Lima, sehingga lebih dari 8.000 orang. Kami ini dalam rangka HUT TNI ke-73 pada 5 Oktober nanti. Mungkin di even yang lain akan kita tampilkan budaya yang lain,” terang Kasdam.

Dengan adanya pemecahan rekor MURI tersebut, kata Kasdam, diharapkan tarian asli Maumere Flores Nusa Tenggara Timur ini menjadi lebih dikenal masyarakat Indonesia khususnya dan dapat merambah ke berbagai penjuru dunia.

“Tujuanya ini bagian dari tradisi budaya yang ada di wilayah pelosok Indonesia, aslinya dari Maumere, ini budaya lokal sehingga bisa memelihara budaya lokal sehingga bisa dinikmati masyarakat di seluruh Indonesia. Ini kita harapkan dari pemecahan rekor MURI itu. Kebetulan ini gampang diikuti dan sudah memasyarakat di seluruh Indonesia,” tutur Kasdam

Sedangkan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan bahwa Polri khususnya Polda Jateng sangat mendukung kegiatan pemecahan rekor MURI dengan melakukan tarian Gemu Famire serentak di seluruh Indonesia.

“Kita sangat mendukung kegiatan tadi, kita lihat tidak saja dari unsur TNI baik dari laut, darat maupun udara maupun kita support kepolisian tapi seluruh warga masyarakat hadir disini. Juga, tadi online seluruh Indonesia, quickqount seluruh Indonesia. Mudah-mudahan, kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat ini semakin bisa menambah dan merekatkan antara TNI-Polri,” kata Kapolda.

Rangkaian kegiatan tersebut, juga dimeriahkan aksi demonstrasi seni bela diri Kera Sakti yang dipimpin Lettu Agus .
Selain Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P M.Si dan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, pemecahan Rekor MURI Tari Gemu Famire itu juga dihadiri Walikota Semarang Hendrar Prihadi, pejabat TNI, Polri dan Pemda setempat. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *