Categories: DaerahRegional

Warga Kemlagilor Geruduk Polsek Turi Terkait Pengalihan Pasar Dusun

Kabarone.com, Lamongan-Kurang lebih Seratusan warga di Lamongan mendatangi Mapolsek Turi.Warga Dusun Berasan, Desa Kemlagilor, mempertanyakan kepala desanya yang telah melaporkan dua warganya dengan tuduhan penyerobotan dan penggelapan aset desa.

Kedatangannya ke mapolsek selain menanyakan dua warganya dilaporkan ke polisi, juga terkait pasar Dusun Berasan.

“Yang kedua persoalan Pasar Dusun Berasan yang rencana diambil alih oleh desa. Padahal itu adalah pasar pribadi, yaitu milik 36 warga Dusun Berasan dan bukan milik desa,” kata Bendahara Dusun Berasan, Abdul Aziz yang turut datang ke Mapolsek Turi, Kamis (10/01/2019).

Menurut Aziz,pasar dusun yang akan diambil alih kepala desa sebagai aset desa itu bertentangan dengan pernyataan kades yang pernah mengeluarkan pernyataan resmi jika pasar dusun tetap milik warga Berasan.

Warga yang mendatangi Mapolsek Turi meminta polisi bertindak bijak jika hendak memediasi antara kepala desa dengan warga.

“BPD pun juga tidak 100 persen sepenuhnya menyetujui rencana kepala desa yang akan mengambil alih aset pasar dusun yang terdapat 80 stan ini. Bahkan,selama ini pengurus pasar juga tidak menutup mata pada desa, artinya tetap memberi masukan dana ke desa dengan hitungan presentase,”terang Aziz.

Sementara Kades Kemlagilor,Sholikin membenarkan jika dirinya melaporkan dua warganya, Sugeng dan Mujahidin.Pasalnya dua warganya itu dinilai telah bertindak di luar aturan.yaitu menjual tanah kas desa tanpa melibatkan pemerintahan desa. Soal pasar dusun,menurut Sholikin memang ada rencana mengambil alih.

“Sebenarnya itu upaya penertiban semua aset masuk desa yang dimulai 2018.Untuk dua dusun,Kemlagilor dan Baru sudah beres. Tinggal Berasan dan ditunggu sampai bulan Juni 2018 belum ada aset masuk. Malah bengkok dilelang oleh warga secara pribadi,”pungkas Sholikin.(*)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

11 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

12 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago