by

Penyulingan Arak di Dusun Bokor Meresahkan Warga

Kabarone.com, Bangka Belitung -Tempat pembuatan Minuman Keras beralkohol jenis arak yang terletak di Dusun Bokor, Desa Air Duren, Kecamatan Pemali milik Lo Po San ini terletak persis ditepi jalan menuju Desa Jurong. Letaknya yang ditepi jalan raya dan ditengah pemukiman tersebut menimbulkan keresahan.

Seorang warga setempat yang dijumpai, sebut saja Ahau (bukan nama sebenarnya) mengatakan dia merasa resah dengan keberadaan tempat penyulingan arak itu. Hal ini karena arak tersebut dijual keluar, bukan untuk konsumsi masyarakat setempat. Dikatakan arak itu dipasarkan hingga ke Kecamatan Tempilang, puluhan km dari Dusun Bokor.

“Biasanya dibawa dengan mobil avanza untuk dijual ke Tempilang. Dibawa sekitar pukul 03 dinihari”, kata Ahau.

Yang membuat Ahau gelisah adalah takut terjadi keributan. Maklum pemasaran arak kebanyakan kepada penghobi dari kalangan muslim. “Kita tidak mau diadu. Berbeda jika dipasarkan untuk sekitar sini yang kebanyakan non muslim”, kata Ahau.

Lo Po San saat dijumpai Senin (28/1) mengatakan, penyulingan arak dirumahnya cuma memiliki kapasitas 2 tungku. Dia membantah arak tersebut dipasarkan keluar. “Tidak dijual keluar, hanya memenuhi kebutuhan sekitar sini saja”, katanya.

Dijelaskannya bahwa usaha itu hanya cukup untuk makan saja. Walaupun hasilnya sedikit tapi pihaknya sudah kordinasi ke Pol PP, Polsek dan Polres. “Sudah kordinasi ke Pol PP, Polsek, dan Polres”, katanya. (Sh)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *