by

Relawan Demokrasi dan KPU Lakukan Sosialisasi Pemilu ke Desa Pancasila Lamongan

Kabarone.com,Lamongan – Relawan Demokrasi Basis Keagamaan dan KPU Lamongan melakukan kegiatan sosialisasi kepada umat beragama Hindu dan Kristen tepatnya di Desa Balun Kecamatan Turi, Lamongan Jawa Timur yang dikenal dengan sebutan Desa Pancasila, Minggu, (24/02/2019). Dilakukannya kegiatan ini tiada lain adalah demi suksesnya penyelenggaraan pemilu serentak pada tahun 2019 ini.

“Kami memilih Desa Balun karena salah satu desa yang memiliki keberagamaan penduduknya dalam memeluk agama, yang mana desa tersebut ada tiga agama yaitu Islam, Kristen, dan hindu,” Kata Ni’mah Selaku koordinator Relawan Basis keagamaan.

Pada kesempatan itu, MH. Fatkhur Rohman selaku Komisioner KPU Kabupaten Lamongan bagian Divisi SDM dan Parmas mengajak umat Hindu dan Kristen untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 nanti. Lebih – lebih tahun 2019 merupakan tahun pertama dalam melakukan pemilu serentak dimana pemilihan calon anggota DPR, DPD dan calon Presiden dan Wakil Presiden menjadi satu penyelenggaraan.

“Bagi Bapak ibu umat Hindu dan kristen yang pada tanggal 17 April 2019 tidak bisa nyoblos di TPS terdaftar dengan alasan tertentu maka silakan urus formulir A5 untuk pindah memilih,” tegas Fathur. Apa lagi masa pengurusan pindah memilih di perpanjang sampai tanggal 18 Maret 2019.

“Ada dua cara mengurus pindah memilih yakni meminta formulir A5 dari PPS atau KPU asal, Kemudian di serahkan ke PPS tujuan. Berikutnya juga bisa dengan membawa e-KTP ke PPS atau KPU dimana tempat tinggal sekarang untuk mengurus Formulir A-5 dan menyampaikan dimana akan menggunakan hak pilihnya,” ungkap MH. Fatkhur Rohman di hadapan ratusan umat Hindu dan kristen peserta sosialisasi di desa Pancasila (*).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *