Categories: DaerahRegional

SAKIP Bikin Pemkab Lamongan Mampu Efisiensi Anggran Rp 26 Miliar

Kabarone.com,Lamongan – Penerapan Sistem Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara benar dalam manajemen pemerintahan bukan hanya membuat pemerintah daerah bisa naik status. Namun juga sukses membuat efisiensi kinerja di beberapa sektor. Seperti halnya dicontohkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, yang mulai tahun ini predikat SAKIPnya sudah pada nilai A. Terjadi efisinsi pada review Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. ” Pada sisi program, terjadi penurunan 18 persen, 47 persen pada indikator sasaran, 45 persen pada sasaran dan 23 persen pada indikator tujuan.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mursyid saat mendampingi Bupati Lamongan Fadeli saat menerima kunjungan kerja Bupati Muara Enim provinsi Sumatera Selatan Ahmad Yani di Guest House Pemerintah Kabupaten Lamongan pada Rabu (06/03/2019).

“ Sedangkan pada penyusunan anggaran, terjadi efisiensi Rp 26 miliar yang bisa dialihkan menjadi Belanja Langsung di tahun 2017, dan Rp 5 miliar di tahun 2018, “ kata Mursyid menambahkan.

Keseriusan Ahmad Yani untuk belajar ditunjukkan dengan mengajak seluruh jajarannya yang berjumlah 30 orang. “Belum ada kabupaten di Propinsi Sumatera Selatan yang mendapatkan nilai SAKIP A. Nilai SAKIP Muara Enim pun masih BB,” ujarnya

Oleh karena itu Ahmad Yani beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim berbondong-bondong ke Lamongan untuk mengetahui ilmu, serta trik untuk mendapatkan nilai SAKIP A. Padahal menurut dia, Muara Enim sudah melakukan berbagai langkah perubahan proses bisnis, cascading, penyusunan anggaran serta monitoring dan evaluasi.

Dia berharapa kunjungannya ke Lamongan itu akan ditindaklanjuti dengan sebuah MoU sebagai payung hukum kerjasama. Untuk selanjutnya MoU tersebut akan ditindaklanjuti masing-masing perangkat daerah.

Dalam kesempatan ini Bupati Lamongan Fadeli mengungkapkan pencapaian SAKIP A adalah hasil kerjasama dan kerja keras seluruh perangkat daerah di Pemerintah Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Dia mengungkapkan keadaan awal Lamongan sama dengan Muara Enim. “Dengan komitmen penuh, Kami melakukan sembilan langkah implementasi SAKIP. Mulai dari penandatanganan perjanjian kinerja, pencanangan zona integritas sampai dengan pendampingan dan asistensi, baik dari Biro Organisasi Propinsi Jawa Timur maupun Kemenpan dan RB,” ungkap Bupati Fadeli.

Pencapaian SAKIP A Pemerintah Kabupaten Lamongan tidak dilakukan dalam semalam. Nilai SAKIP Kabupaten Lamongan bahkan pernah menjadi yang terendah di Jawa Timur.

Pada Tahun 2010, nilai SAKIP Lamongan masih C dengan angka 38,15, tahun 2012 nilai SAKIP C dengan angka 42,94, tahun 2013 nilai SAKIP C dengan angka 47,16, DAN tahun 2014 nilai SAKIP C dengan angka 36,97 yang menjadikan Lamongan urutan terendah di Jawa Timur.

Upaya perbaikan mulai terlihat hasilnya di tahun 2015 ketika nilai SAKIP menjadi CC dengan angka 50,19. Kemudian tahun 2016 nilai SAKIP naik ke B dengan angka 60,86, Tahun 2017 nilai SAKIP BB dengan angka 70,96 dan akhirnya di tahun 2018 mendapat nilai SAKIP A dengan angka 80,04″, pungkasnya (*).

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

13 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

14 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago